3 Jenis Printer yang Perlu Diketahui

3 Jenis printer yang perlu diketahui – Printer, benda ini pasti tidak asing lagi bagi kita pemilik komputer personal ataupun laptop. Aktivitas administrasi di kantor atau lembaga sekolah setiap hari tidak pernah lepas dari perangkat keras komputer ini.

Printer merupakan sebuah perangkat yang dihubungkan pada komputer dan berfungsi menghasilkan cetakan. Baik berupa naskah tulisan maupun unit gambar dari komputer pada media kertas atau sejenisnya. Sebelumnya dapat anda simak yang ini:


Jenis printer ada 3 macam dari zaman ke zaman, yaitu jenis printer dot metrix, printer ink jet dan printer laser jet. Ikuti uraian berikut ini selengkapnya.

jenis printer,printer,pencetak

A.Printer Dot-Matrix

Jenis printer dot metrix merupakan printer yang metode pencetakannya menggunakan pita. Hasil cetakan berupa tanda titik dan saling berhubungan satu sama lainnya. Namun hasil cetakan jenis printer ini kurang memuaskan. Kurang halus sehingga terlihat kurang halus.

Printer dot-matrix sering digunakan untuk mencetak slip amprah gaji dan transaksi di warung telekomunikasi (wartel). Berdasarkan sejarahnya, printer jenis ini pada mulanya menggunakan 9 pin. Dalam satu huruf akan tercetak kombinasi dari 9 titik. Kemudian berkembang menjadi 24 pin dan 48 pin. Ttentunya dengan begitu hasil cetakan akan lebih halus. Produsen printer dot metrix yang cukup terkenal adalah Epson, dengan produknya Epson LX - 300, Epson LX 800, dan lain-lain.

B.Printer ink jet

Jenis Printer ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. Jadi, hasil cetakan akan lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix. Selain itu, printer ink jet juga dapat menghasilkan cetakan yang berwarna.

C.Printer laser

Jenis perangkat pencetak laser jet menggunakan metode pencetakan menggunakan tinta bubuk atau yang biasa disebut toner. Menggunakan perangkat infra merah sehingga hasilnya lebih bagus dengan kecepatan mencetak yang tinggi dan hasilnya cepat mengering seperti halnya hasil cetak pada mesin fotocopy.

Itulah 3 jenis printer yang digunakan dari masa ke masa. Semoga bermanfaat. (*Penulis : Denis Pahlevi)

Share this :

0 Response to "3 Jenis Printer yang Perlu Diketahui"

Poskan Komentar