5 Bagian Penting Resensi Sebuah Buku

5 Bagian penting resensi sebuah buku – Apa itu resensi buku? Jawaban pertanyaan ini harus paham terlebih dulu sebelum melakukan resensi terhadap sebuah buku. Oke broo, resensi buku adalah kegiatan bersifat ilmiah berupa pertimbangan, tanggapan, ulasan dan penilaian  terhadap sebuah buku.

Guru mungkin memberikan tugas kepada siswa untuk meresensi sebuah buku bacaan fiksi maupun non fiksi. Tidak jarang murid mengalami kesulitan dalam membuat tugas resensi buku tersebut. Terlepas dari penyebab kesulitan meresensi buku, kali ini saya akan membahas bagian-bagian penting resensi sebuah buku.

Dalam meresensi isi sebuah buku, ada bagian-bagian tertentu yang perlu diberikan tanggapan dan penilaian. Dalam hal ini, bagi siswa di sekolah ada 5 bagian penting dalam merensi isi sebuah buku. Bagian-bagian itulah yang akan saya ulas kali ini, yang telah saya rangkum dibawah ini :

bagian resensi,resensi buku

1.Bagian fisik buku

Bagian fisik buku dikemukakan pada bagian awal resensi. Hal-hal yang dicantumkan pada bagian fisik buku mencakup: judul, penulis/editor, penerjemah (jika buku terjemahan), penerbit, tebal buku (bagian awal + bagian inti).

2.Bagian isi buku

Ulasan isi buku mencakup hal-hal berikut.
     A.Tujuan penulisan buku
Tujuan penulisan buku terdapat pada bagian kata pengantar atau terdapat pada bagian pendahuluan buku.

     B.Isi umum
Isi umum buku terdapat pada daftar isi dan pendahuluan buku.

     C.Penilaian kualitas isi
Kualitas isi buku disampaikan dengan membandingkannya dengan buku lain, baik yang ditulis oleh pengarang yang sama maupun pengarang lain.

3.Bahasa

Bahasa buku diulas dalam resensi karena berhubungan dengan pemahaman terhadap isi buku tersebut. Bahasa merupakan media untuk menyampaikan pesan. Oleh sebab itu, bahasa menjadi salah satu unsur penting dalam resensi sebuah buku.

4.Organisasi

Organisasi buku berkaitan dengan cara-cara pengaturan ide buku. Organisasi buku diulas dari segi kepaduan, urutan dan lain-lainnya.

5.Pengarang

Latar belakang penulis juga menjadi sorotan penting, terutama latar belakang pengetahuan dan kreativitas penulis.


Perlu diingat, bahwa tidak semua aspek atau bagian buku diulas oleh penulis. Jadi aspek yang diulas umumnya dibatasi pada bagian yang menarik atau menonjol dan menurut pertimbangan si penulis resensi. Untuk itu, penulis juga membandingkannya dengan pengarang dan buku yang sejenis. (*Penulis : Denis Pahlevi)

Share this :

0 Response to "5 Bagian Penting Resensi Sebuah Buku"

Poskan Komentar