5 Hal Kecil Ini Bikin Seseorang Terlihat Kurang Bersih

5 Hal kecil ini bikin seseorang terlihat kurang bersih - Bersih Itu bisa diartikan sebagai suatu keadaan yang mana orang atau lingkungan tersebut bebas dari hal-hal yang kotor. Kebersihan sangatlah berguna dalam kehidupan, baik secara pribadi atau individu, maupun secara berkelompok atau masyarakat. 

Salah satu gunanya adalah dalam hal keindahan dan kesehatan, karena bersih itu indah, bersih itu sehat. Dalam agama Islam diungkapkan 'kebersihan itu sebagian dari iman'. Maksudnya yaitu, agama Islam sangat menjunjung tinggi yang namanya kebersihan. Siapa yang menjaga kebersihan, maka ia akan mendapat pahala yang besar. Dan sebaliknya, jika ia tidak menjaga kebersihan, maka yang ia dapat hanyalah dosa.

hal membuat,kurang bersih

Contohnya, ada salah satu dari anggota keluarga kita sedang sholat. Kita baru pulang bermain atau melakukan suatu aktivitas yang membuat tubuh kita baunya tidak mengenakan. kemudian kita beristirahat di dekatnya, tentunya orang yang shalat tersebut akan mencium bau tubuh kita. Akhirnya, shalatnya tidak khusyuk gara-gara kita. Karena itulah dalam agama Islam dikenal dengan 'kebersihan itu sebagian dari iman'.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang yang tidak memperhatikan kebersihan dirinya sendiri. Secara umum, ada 5 hal kecil yang membuat seseorang terlihat kurang bersih. Baik dari segi kebersihan tubuh, maupun kebersihan pakaian. untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti uraian berikut.

A.Dari segi kebersihan tubuh

1.Bau nafas

Nafas yang bau akan membuat kita tidak percaya diri dalam berkomunikasi dengan siapapun. Baik itu dengan orang tua, guru, teman, apalagi pacar. Nafas yang bau bisa disebabkan karena memakan makanan yang dapat membuat nafas kita bau, seperti jengkol dan petai. 

Kalau makan jengkol atau petai tentulah agak bau nafas kita, walaupun dikalio, digulai, atau digoreng, yang namanya makan jengkol dan petai akan membuat nafas kita bau. Tapi ini bukan berarti kita tidak boleh memakannya, alangkah lebih baiknya setelah kita memakannya, kita gosok gigi atau makan permen yang mengandung mint.

2.Kebersihan gigi

Selain dari bau nafas, kurang menjaganya kebersihan gigi juga akan membuat kita terlihat kurang bersih. Kurang bersihnya gigi disebabkan karena kita jarang menggosok gigi atau tidak membersihkan gigi setelah makan. Terkadang ada orang yang setelah makan, ada cabe yang menempel di giginya. 

Orang akan beranggapan bahwa dirinya kurang bersih. Maka dari itu, bersihkanlah gigi setelah makan dengan tusuk gigi secara hati-hati atau dengan berkumur-kumur, asalkan tidak di depan orang banyak. jika dilakukan di depan orang banyak, kita juga akan terlihat kurang sopan.

3. Kebersihan kuku

Kuku boleh saja panjang, asalkan tidak kotor. Kecuali bagi anak sekolah, kuku memang diharuskan pendek. Yang membuat kita terlihat kurang bersih adalah kuku yang hitam karena kotoran. sebaiknya, rawat dan potonglah kuku sekitar 1-2 kali seminggu.

B. Dari segi kebersihan pakaian

4.Bau kaos kaki

Jika kita jarang mencuci kaos kaki, tentunya baunya akan busuk. Terlebih apabila kita memakainya untuk bermain sepak bola. Maka dari itu, rajin-rajinlah kita dalam mencuci kaos kaki.

5.Bau baju atau pakaian

Apabila kita melakukan aktivitas yang membuat keringat kita keluar, keringat tersebut akan meresap kedalam baju kita. Akibatnya, bau baju kita akan menjadi apek. Solusinya ialah, mandi dan tukarlah pakaian kita setelah melakukan suatu aktivitas berat.


Itulah 5 hal kecil yang dianggap sepele dalam kebersihan diri sendiri. Selain dari hal-hal diatas, masih banyak lagi hal-hal lain yang tidak dapat diuraikan satu persatu. Semoga bermanfaat, terima kasih. (*Penulis : Difo Faizi Pratama)

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »