Ancaman dan Siksaan Meninggalkan Shalat

Ancaman dan siksaan meninggalkan shalat – Bagi umat muslim, berbicara tentang shalat bukan lagi hal yang asing. Shalat adalah salah satu rukun islam yang wajib dikerjakan bagi setiap orang (fardlu ‘ain) yang berakal dan baligh. Dapat membedakan antara yang baik dan buruk.

Karena hukumnya wajib maka shalat tidak boleh dilalaikan atau ditinggalkan. Jika ditinggalkan akan mendapat balasan berupa ancaman atau siksaan. Siksaan bagi orang yang meninggalkan shalat dimulai di dunia, ketika meninggal, di alam kubur dan saat bertemu dengan Allah Swt.

siksa,ancaman,meninggalkan shalat wajib

Ancaman bagi orang yang melalaikan shalat ketika hidup di dunia antara lain; (a) dicabut keberkahan umur, (b) dipersempit riskinya, (c) tidak ada tempat baginya di sisi agama islam, (d) ditolak doanya, (e) hilang cahaya kesolehan di wajahnya, dan (f) amal kebaikannya tidak diberi pahala.

Sedangkan siksaan ketika meninggal dunia adalah: (a) menghadapi sakratul maut dalam keadaan hina, (b) matinya dalam keadaan lapar dan haus, (c) diberi minum sebanyak 7 lautan karena tidak merasa puas.

Ketika berada dalam alam kubur, orang yang meninggalkan shalat akan mendapat siksaan: (a) kuburannya menyempit sampai tulang-belulang berantakan, (b) kuburnya akan digelapkan dan (c) Allah menyiksanya sampai hari kiamat.

Adapun siksaan ketika bertemu Allah Swt, siksaan bagi orang melalaikan shalat adalah: (a) akan dibelenggu dan diseret ke padang mahsyar oleh malaikat, (b) Allah tidak akan memandangnya dengan pandangan belas kasihan dan (c) Allah tidak akan mengampuni dosanya dan ia akan disiksa dengan keras di dalam neraka.
Simak juga: Upaya Mendorong Anak Dirikan Salat
Nah, bagaimana sobat? Sungguh sangat pedih ya, siksa bagi orang yang meninggalkan shalat. Itu siksanya baru satu kali meninggalkan shalat. Bagaimana jika kita meninggalkannya berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, bertahun-tahun, ataupun seumur hidup?

Sungguh sangat pedih siksanya. Untuk itu, marilah kita bersama-sama mengingat Allah, melaksanakan shalat dan memohon ampun kepada-Nya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, lagi Maha Penerima Taubat. Terima kasih. (*Penulis: Fauzia)

Share this :

0 Response to "Ancaman dan Siksaan Meninggalkan Shalat"

Poskan Komentar