Bagian Penting Indera Pendengaran

Bagian penting indera penglihatan - Salam sahabat pembaca. Kali ini saya akan berbagi tentang ilmu biologi, tepatnya tentang bagian-bagian penting dari indera pendengarandan ilmuan yang meneliti struktur indera pendengaran.

Ada yang belum tau gak apa itu pendengaran? Pasti sudah tau semua. Indera pendengaran adalah telinga, berperan penting dalam memberi otak berbagai informasi utama tentang dunia luar.

Kalau ilmuan yang meneliti beberapa bagian telinga? Nah, kali ini saya akan berbagi tentang ilmuan yang melakukan penelitian terhadap beberapa bagian indera pendengaran.

1.Tuba Eusthachio

Profesor ahli anatomi dari Roma (Italia), bernama Bartolomeo Eustachio meneliti tentang perkembangan struktur telinga. Dalam buku yang ia karang mengenai telinga mencangkup beberapa bagian yang telah diketahui oleh ilmuan.

bagian telinga,telinga dalam,tuba eusthachio

Begitupun untuk menggambarkan saluran atau pembuluh pendengaran, dipakai namanya, pembuluh Eusthachius (tuba Eustachio). Tuba Eusthachio adalah pembuluh yang menghubungkan telinga tengah dengan tenggorokan. Nama Tuba Eustachio ditemukan pada buku berjudul ‘On The Human Ear”. Tuba ini telah diuraikan sekitar 2000 tahun yang lalu oleh Tabib Yunani, bernama Alcmaeon dari Croton.

2.Mengapa "Menghembus" Telinga

Tuba memungkinkan udara mengalir dari tenggorokan ke ruang telinga tengah. Nah, ketika terjadi perubahan tekanan atmosfer, tekanan pada kedua sisi gendang telinga dapat disamakan. Menghembus telinga ini bertujuan menggerakkan udara di Tuba Eustachio untuk menyamakan tekanan.

3.Organ corti

Nama organ corti diberi oleh oleh seseorang ahli anotomi yaitu Alfanzo Corti (1822-1888). Sekelompok selaput berbentuk V melingkar-lingkar didalam kohlea (seperti spiral). Sekitar 15.000 lebih terdapat sel-sel berambut berderet-deret di dasar selaput. Sel-sel rambut yang berbeda ini menghasilkan sinyal-sinyal saraf yang berbeda ketika digetarkan oleh frekuensi yang tinggi atau rendah.

4.Telinga Dalam

Saluran-saluran (tuba) dan rongga telinga bagian dalam menempati tempat yang berbentuk sebuah kandang di dalam ketebalan tulang temporal tengkorak yang disebut "Odiseus" atau "Labirin" oleh Gabriele Fallopius. Gabriele Fallopius juga memberi nama lain dari kohlea yaitu rumah siput. Labirin berisi cairan yang disebut perilimfe. Cairan yang mengelilingi satu set selaput (selaput labirin). Didalam labirin terdapat cairan lain,yaitu endolimfe.

5.Tulang-tulang terkecil

Tulang-tulang osikula merupakan tulang-tulang terkecil didalam tubuh manusia. Tulang palu (tulang Malleus) berukuran 2X tulang pelana (tulang Inkus). Berukuran kurang lebih 8 mm.

6.Osikula Telinga

Nama tulang-tulang osikula disesuaikan dengan bentuknya, antara lain :
a.Tulang Palu (Tulang Malleus)
b.Tulang Pelana (Tulang Inkus)
c.Tulang Sanggurdi (Stapes)

Selain tulang, terdapat dua otot terkecil dalam tubuh manusia, yaitu otot timpani dan otot stapedius. Otot-otot ini akan berkontraksi jika suara yang ditangkap sangat keras.

Nah, itu dia sahabat bagian-bagian penting telinga dan beberapa ilmuan penelitinya. Somoga setelah membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan. Mmiin. (*Penulis : Andini Meysi Ullanda)

Share this :

0 Response to "Bagian Penting Indera Pendengaran"

Poskan Komentar