Bisakah Membaca Sambil Menonton Televisi?

Bisakah membaca sambil menonton televisi? - Membaca merupakan suatu kegiatan yang lumrah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca, kita akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, dari yang tidak tahu menjadi tahu, dan dari yang tidak bisa menjadi bisa. Setiap yang kita lakukan harus ada faedah dan manfaatnya, begitu pula dengan membaca, membaca memiliki banyak sekali manfaat.

Kesalahan kebanyakan anak ialah hanya membaca satu hari sebelum ulangan harian, ujian, ataupun tugas-tugas lainnya, dan itupun dilakukan dengan cepat-cepat. Ini jelas sebuah kesalahan, baik ujian ataupun tidak, kita harus tetap membaca, karena membaca itu tak kenal waktu.
Baca: 5 Kebiasaan Unik Anak ketika Belajar di Rumah

membaca,buku,menonton,televisi

Dalam membaca, fikiran kita harus tenang dan fokus, dan buatlah diri kita nyaman, serta yang paling penting jangan membaca sambil menonton televisi. Tapi inilah kebiasaan kebanyakan anak-anak sekarang, membaca sambil menonton televisi. Kebiasaan Inilah yang harus segera kita hilangkan.

Mengapa tidak boleh membaca sambil menonton televisi? Karena jika kita membaca sambil menonton televisi, fikiran kita akan bercabang, dan tentunya apa yang kita baca sulit untuk kita pahami. Kenapa sulit untuk kita pahami? Karena kita membaca dengan melihat buku, dan menonton TV juga dengan melihat televisi. 

Berarti, ketika kita membaca buku, lalu kita melihat televisi, dan melihat buku lagi, lalu melihat televisi lagi, mana mungkin kita bisa fokus. Ketika kita membaca, kita akan selalu penasaran dengan apa yang akan terjadi dalam acara TV itu, apa yang akan dilakukan, apa yang akan dibicarakan, dan masih banyak lagi, yang akhirnya akan membuat kita tidak fokus. Sedangkan dalam membaca itu fikiran kita harus fokus. Bukan hanya karena menonton TV saja, tapi juga bisa karena chattingan dan SMS.
Baca juga: Cara meningkatkan Kecepatan membaca
Lain halnya dengan musik. Beberapa orang mungkin bisa membaca sambil mendengarkan musik. Bahkan, kalau tidak mendengarkan musik ia akan sulit untuk memahami apa yang dibacanya. 

Membaca sambil mendengarkan musik itu wajar-wajar saja, karena kita membaca dengan melihat pakai mata, sedangkan mendengarkan musik dengan telinga. Musik yang kita dengarkan tidak akan membuat kita penasaran sehingga fikiran kita tidak bercabang dan kita bisa fokus dalam membaca. Semoga bermanfaat, terima kasih. (*Penulis: Difo Faizi Pratama)

Share this :

0 Response to "Bisakah Membaca Sambil Menonton Televisi?"

Poskan Komentar