Di Balik Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Di balik kesulitan pasti ada kemudahan – Mungkin anda seorang siswa yang merasa kurang beruntung dalam hidup karena orangtua mengalami kesulitan dalam membiayai sekolah anda. Semestinya anda tidak mesti berputus asa menghadapi situasi demikian. Sebaliknya justru berdoa agar orangtua anda tetap istiqamah dalam memperjuangkan kelangsungan pendidikan anda.

Ingat, hal serupa juga dialami oleh banyak siswa yang lain dan mungkin tidak terpantau oleh anda. Bahkan kondisinya jauh lebih parah dari yang anda alami. Siswa maupun orangtuanya, sama-sama berjuang dengan segenap tenaga agar tetap bersekolah.

kesulitan hidup,ada kemudahan,sukses

Ada siswa yang menempuh berjalan kaki sekian kilometer demi sekolah. Tidak ada kendaraan karena sekolah jauh berada di pelosok. Kadang-kadang harus melewati medan berat untuk sampai di sekolah. Ada pula siswa yang harus berjualan terlebih dulu mencari uang jajan dan biaya sekolah.
Simak: Kidung Sendu Si Penjual Goreng Pisang
Mungkin ada juga siswa yang harus menjual sesuatu barang/benda ke warung atau kedai terdekat untuk mendapatkan ongkos dan jajan di sekolah. Sementara ada juga orangtua yang terpaksa meminjam uang kepada tetangga demi anaknya dapat pergi ke sekolah. Agar anak dapat belajar dengan baik. Berprestasi di sekolah sehingga mendapat beasiswa. Kelak sudah besar supaya menjadi orang yang sukses dalam hidup.
Simak juga: Kelangsungan Pendidikan anak
Paparan di atas hanyalah sekelumit contoh perjuangan siswa dan orangtua demi kelangsungan pendidikan anaknya. Agar dapat bersekolah harus berjuang terlebih dulu menghadapi kesulitan, termasuk kesuilitan biaya pendidikan. Akan tetapi perlu disadari, di balik kesulitan itu pasti ada kemudahan namun kadang-kadang tidak disadari oleh siswa maupun orangtuanya.

Allah Swt berfirman:
Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya (Q.S: Ath Tholaq: 3)
Ketika seorang siswa beusaha melakukan sesuatu demi pendidikannya, ada-ada saja orang yang peduli dan punya perhatian. Begitu pula yang dilakukan orangtua, tetangga tempat meminjam uang begitu mudah meminjamkan uangnya karena alasan untuk anak bersekolah.

Artikel pendidikan ini akan ditutup dengan firman Allah Swt yang artinya,
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan (QS: Alam Nasyroh;5)
Demikian artikel pendidikan sekadar inspirasi buat para siswa dan orangtua siswa. Mudah-mudahan bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Di Balik Kesulitan Pasti Ada Kemudahan"

Poskan Komentar