Etika Pakaian dalam Islam

Etika pakaian dalam islam - Banyak orang yang hidup dalam kehidupan yang memiliki pakaian yang bagus, mahal dan indah. Hal yang demikian adalah sebuah pakaian yang memiliki bentuk yang besar dan bagus.

Pakaian dalam islam dapat dilihat dalam hidup yang bersih dan beriman dengan pakaian itu kita dapat melihat bahwa kita memiliki sebuah kerapian dalam hidup berpakaian. Pakaian dalam islam menandakan bahwa orang yang berpakaian itu adalah orang yang bersih dan indah yang dapat membuat diri merasa senang.

Di dalam islam manusia dilarang untuk membuka auratnya baik setiap muslim dan muslimah dalam kehidupan seharian,apalagi untuk beribadah kepada allah Wwt. Pakaian dalam islam menandakan bahwa orang itu bersih dan menjaga keindahan. Pakaian seorang islam dapat dilihat dari pakaian shalat seseorang dalam tata cara busana dalam islam.


etika,berpakaian,islam

Pakaian dalam islam menutupi aurat sudah jelas pakaian taqwa adalah pakaian yang paling baik. Namun ternyata dalam zaman sekarang banyaknya manusia yang tidak memakai etika yang dipegang teguh oleh orang islam. Ada pakaian yang dilarang dalam islam yaitu pakaian yang digunakan sholat yang bergambar dan berwarna yang banyak sehingga akan membuat kurang konsentrasi.

Bagian-bagian aurat seoramg muslim dan muslimah:

A.Pria

Aurat pada laki-laki dari bawah dengkul sampai diatas pusar. Aurat yang ini harus ditutup oleh laki-laki karena dari sinilah dosa yang paling besar terjadi apabila terlihat oleh yang berbeda jenis kelamin.

Bagian-bagian ini harus ditutupi dalam sholat karena sholat tidak membenarkan pakaian yang membuka aurat. Bagi laki-laki pakaian yang menandakan bersih dan mandiri. Apabila saat sholat aurat terbuka maka wajiblah baginya untuk mengulangkan shalatnya karena tidak sah.

B.Wanita

Aurat pada perempuan dari ujung rambut sampai ujung kaki. Perempuan wajib untuk menutupi auratnya karena aurat adalah harta yang paling berharga bagi perempuan. Untuk menutupi aurat itu maka seorang perempuan harus memakai pakaian yang menutupi tubuh dan memakai jilbab.

Jilbab bukan perhiasan, harta dan benda yang paling mahal tetapi makna yang ada pada di dalamnya yang paling berharga. Maka di dalam islam perempuan harus melakukan tata cara pakaian yang sah untuk melaksanakan shalat. Pakaian dalam islam bagi wanita adalah mukena yang berwarna putih.

Pakaian yang dikenakan dalam shalat adalah pakaian yang berwarna putih, bersih dan menutupi aurat. (*Penulis : Sultan Alfarizy)

Share this :

0 Response to "Etika Pakaian dalam Islam"

Poskan Komentar