Fasilitas Kalkulator dan Pengonversi pada Google

Fasilitas kalkulator dan pengonversi pada google – Kolom penelusuran pada google digunakan untuk mencari informasi yang diingini dengan mengetikkan kata kunci tertentu. Selain itu, kotak pencarian google dapat pula digunakan untuk melakukan perhitungan matematika dengan cepat.

Caranya sangatlah mudah, yaitu dengan cara memasukkan persamaan matematika ke dalam kotak pencarian dan klik button cari!

#Kalkulator google

Adapun beberapa operator yang dapat dikenali oleh google saat kita menggunakannya sebagai kalkulator adalah :


1.Penambahan
Dapat diwakili oleh 3 buah simbol, yaitu +,  atau plus, maupun and. Untuk dapat menghitung penjumlahan kita bisa menuliskan 5+3, atau 5 plus 3, maupun 5 and 3.

2.Pengurangan
Dapat diwakili oleh 2 buah simbol, yaitu - atau minus. Untuk dapat menghitung pengurangan kita bisa menuliskan 4-2, atau 4 minus 2.

3.Pembagian
Dapat diwakili oleh tanda/atau kata " over " maupun " divided by ". Untuk dapat menghitung pembagian, kita dapat menuliskan kata 3/2 atau 3 over 2 maupun 3 divided by 2.

4.Pemangkatan
Dapat diwakili oleh tanda ^, atau **, maupun kata " power of". Untuk dapat menghitung pemangkatan kita dapat menuliskan kata 3^2, atau 3**2, maupun 3 power of 2.

5.Perkalian
Dapat diwakili oleh tanda x, atau times. Untuk dapat menghitung perkalian kita dapat menuliskan kata 3x2, atau 3 times 2.

Google juga dapat menerima tanda kurung. Contohnya jika kita memasukkan ekspresi(3+4) x (4-2), maka google akan menghitung sesuai dengan urutan hirarki dalam matematika.

#Pengonversi satuan

Kotak pencarian google sebenarnya tidak terbatas pada kalkulator untuk ke-5 operator tersebut. Kolom penelusuran google juga dapat digunakan untuk pengkonversi satuan ke ukuran yang lain. Misalnya melakukan perhitungan konversi mata uang, konversi satuan jarak, fungsi trigonometri, dan konstanta-konstanta umum yang dikenal di matematika (pi, kecepatan cahaya, radius bumi, dan sebagainya).


Beberapa contoh penggunaan perhitungan matematika menggunakan penelusuran google, antara lain :

1.Untuk menghitung nilai US $100 ke dalam rupiah, dapat dimasukkan dengan mengetikkan kata "100 usd in rupiah".

2.Untuk menghitung 72°C ke dalam fahrenheit, dapat dimasukkan dengan mengetikkan kata " 72 degrees fahrenheit in celcius".

3.Untuk menghitung 100 pon dalam Kg, dapat dimasukkan dengan mengetikkan kata " 100 pound in kg"

Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat, terima kasih. (*Penulis : Denis Pahlevi)

Share this :

0 Response to "Fasilitas Kalkulator dan Pengonversi pada Google"

Poskan Komentar