6 Hal Mendebarkan Siswa Baru Hari Pertama di Sekolah

6 Hal mendebarkan siswa baru hari pertama di sekolah - Hari pertama menginjakkan kaki di sekolah merupakan hari yang mendebarkan. Bagaimana tidak? Murid baru harus bersinggungan dengan sesuatu yang serba baru. Mereka pun harus beradaptasi dengan lingkungan baru.

Pasti kalian ingin tahu apa yang biasanya dipikirkan oleh murid baru tentang hari pertama mereka menginjakkan kaki di sekolah, bukan? Berikut ini hal-hal yang dirasakan/dipikirkan oleh murid baru.

1. Murid baru tidak ingin terlambat masuk sekolah

Maklum, murid baru tidak ingin terlambat masuk sekolah, karena murid baru sering memikirkan bagaimana pembagian ruang kelas, kelas mana yang akan ia masuki, bagaimana teman-temannya, dan masih banyak segudang pikiran penasaran dalam benaknya. Maka, mereka berusaha untuk tidak terlambat masuk sekolah.

hari pertama,sekolah,siswa baru

2. Tempat duduk murid baru

Setelah mereka masuk sekolah, mereka merasa nervous, memikirkan perkenalan antarsiswa, bingung memilih tempat duduk, dengan siapa akan duduk, bagaimana teman-teman sekelasnya, dan sebagainya.

3. Bagaimana peraturan di kelas

Setelah mereka dapat tempat duduk, pasti ada peraturan kelas yang dibuat, mulai dari pemilihan ketua kelas hingga ke seksi-seksi. Bahkan sebelum masuk kelas, biasanya mengikuti masa orientasi yang bertujuan untuk mengenal lembaga pendidikan tersebut, mulai dari guru, model pembelajaran, hingga tata tertib, dan masih banyak materi yang disampaikan dalam MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah)

4. Pelajaran apakah yang akan dipelajari

Pertanyaan mengenai pelajaran atau kegiatan apa yang akan dilakukan di kelas selama setahun ke depan, juga sering berada dalam pikiran murid. Mereka memikirkan, pelajaran apa yang akan mereka peroleh. Apakah harus ada praktek, berapa kali ulangan, dan sebagainya.

5. Siapa guru yang mengajar dan guru yang menjadi wali kelasnya

Guru yang mengajar dan guru yang menjadi wali kelas juga sering menjadi bahan omongan para murid. Murid-murid biasanya mempunyai klasifikasi siapa guru favorit dan siapa guru yang kurang menyenangkan.

6. Bagaimana hubungan guru dengan murid

Para murid yang mendapatkan wali kelas guru favorit, dipastikan mereka tidak mempunyai rasa khawatir. Mereka beranggapan, bahwa wali kelas akan memperlakukan para murid dengan baik. Namun, bagi murid yang mendapat wali kelas yang kurang disenangi, biasanya kekhawatiran akan muncul di benak murid.

Sebenarnya, kalian tidak perlu takut pada bapak/ibu guru. Asalkan kalian tidak nakal dan tidak mengganggu proses belajar, mereka tidak akan marah. Enjoy-lah dalam menjalani pembelajaran di sekolah, hilangkan beban dan rasa takut. (*Penulis : Difo Faizi Pratama)

Share this :

0 Response to "6 Hal Mendebarkan Siswa Baru Hari Pertama di Sekolah"

Poskan Komentar