Ilmuwan yang Hebat

Ilmuan yang hebat - Ilmuan adalah seorang tokoh di bidang ilmiah yang memilik pola pikir yang aktif dan kreatif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Seorang ilmuwan yang memiliki ilmu tinggi, sampai sekolah tinggi ke jenjang serjana berkat kemauan dan kerja kerasnya.

Kepandaian ilmuwan dapat mengembangkan sebuah ilmu dengan cara belajar dan mengamati. Ilmuwan sebagai pemikir yang hebat dapat menanamkan sifat seperti; kerjujuran, intelektual, menyatakan pendapat, berani bicara dalam permasalahan, dan terbuka menerima kebenaran. Ilmuan itu berpikir dan bersikap ilmiah dalam bekerja.

Tanda-tanda seorang ilmuwan yang hebat :


1.Memiliki kejujuran intelektual

Kejujuran intelektual dalam ilmiah dapat dilihat secara mantap. Kejujuran intelektual termasuk dikagumi dan dihormati di kalangan ilmuan. Salah satu kejujuan intektual seorang ilmuwan dapat memberi sebuah haail pengamatannya dengan bukti yang mendalam dan nyata. Hasil dari kerja ilmiah akan dapat menjadi sumber yang sangat penting bagi masyarakat dalam belajar ilmiah.

ilmuan,sikap ilmiah,kerja ilmiah

Setiap tulisan yang dibuat oleh ilmuwan akan dipertanggungjawabkan di depan umum. Kujujuran intelektual ini seorang ilmuwan akan mengembangkan hasil karya ilmiah dengan cara jujur dalam hasil ilmiah, agar bermanfaat sebagai informasi.

2.Menyatakan pendapat

Seorang ilmuwan harus mampu dalam menyatakan pendapat mengenai hasil kegiatan ilmiah dalam bentuk argumentasi. Argumentasi ini di manfaatkan oleh ilmuwan sebagai bentuk langkah kerja untuk menyatakan pendapat. Ilmuwan akan mengembangkan semua ilmu yang dipelajari dan bersedia sebagai narasumber ilmiah.

Menyatakan pendapat seorang ilmuwan dalam bentuk argumentatif yang bisa meyakinkan mengenai pengamatan ilmiah. Apabila seorang ilmuwan tidak memiliki argumentatif maka tidak bisa dia dalam mengembangkan pengamatan ilmiah.

3.Berani tampil dalam keliru

Seorang ilmuwan dapat mengembangkan dan membuka diri, artinya pada saat keliru berani dalam rangka mencari kebenaran. Menyatakan keliru dapat digunakan dengan bahasa yang sopan, baik dan jelas tanpa adanya kekerasan fisik, emosional dan spiritual.

4.Terbuka menerima kebenaran

Seorang ilmuwan memiliki pendirian dalam menerima kebenaran yang baru diketahui karena kebenaran yang ada telah disepakati secara sama. Ilmuwan ilmiah mempunyai keterbatasan dan tidak akan luput dari permasalahan.

Karena itu, ilmuwan tidak dapat berdiri dari permasalahan yang dipikirkan yang bersifat keliru. Maka seorang ilmuwan memiliki pendirian yang cerdas, luas dan terbuka dalam menerima hasil pikiran orang lain. (*Penulis : Sultan Alfarizy)

Share this :

0 Response to "Ilmuwan yang Hebat"

Poskan Komentar