Indahnya Berbagi dan Bersedekah

Indahnya berbagi dan bersedekah - Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendapatkan bahwa fakta setiap memberi dan berbagi niscaya  akan mendapatkan kebaikan. Kebaikan sebagai imbalan dari memberi mungkin saja dalam bentuk nikmat riski yang bertambah.

Siapapun yang berbuat kebaikan dengan saling memberi dan berbagi niscaya balasannya lebih besar dari Allah Swt. Allah tidak lupa dengan hambaNya yang mengerjakan kebaikan dalam bentuk besar maupun kecil.

Setiap kebaikan yang kita lakukan dalam berbagi dan membantu orang lain akan dibalas oleh Allah Swt, sesuai apa yang dikerjakan dalam bentuk sepuluh kali sampai tujuh ratus kali lipat. Begitu pula halnya dengan bersedekah. Apa saja manfaat bersedekah?

indahnya berbagi,manisnya bersedekah

Ada 7 manfaat bersedekah :

1. Mengundang datangnya rezki
2. Menolak bala rugi
3. Menyembuhkan penyakit
4. Menunda kematian
5. Mendatangkan pertolongan
6. Menjauhkan perilaku setan
7. Menumpuk kasih sayang

Rasa syukur atas riski yang diberi oleh Allah Swt sangatlah besar karena pintunya rezki.Karena harta yang diberikan dengan rasa iklas.Banyaknya bentuk sedekah dapat membukakan rezki dari Allah Swt.

Macam-macam sedekah :

A.Sedekah dalam kebaikan
Sedekah tidaklah harus dengan harta serta uang saja tetapi dapat dilakukan dengan cara yang baik. Adanya kelapangan dalam membuat kebaikan, seperti melihat paku yang berada diatas jalan lalu menyingkirkan paku itu maka pahala yang akan dapat adalah selama jalan itu masih terlewati dan pahala yang tidak putus-putus. Sudah taukan mari dilakukan?

B.Sedekah dalam bentuk senyum
Sedekah tidak dilakukan melalui cara memberi tetapi dapat dilakukan dengan cara ramah dan senyum.Melihat orang ramah dan swnyum mwmbuat hati ini melihatnya swnang dan gembira akibat sebuah kebahagian yang terlihat jelas.Sama-sama dalam menanamkan sifat senyum serta keiklasan dengan niat iklas.Intinya senyum itu sebagian dari sedekah yang indah dihati setiap muslim dan muslimin.

C.Sedekah dalam ibadah
Dalam ibadah kita dapat melakukan dengan cara melalui berdoa. Kata-kata dalam berdoa akan diijabah oleh Allah Swt. Bagi yang melaksanakan shalat dhuha dan doa dhuha akan dikabulkannya doa seseorang apabila doanya itu baik dan beanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Ketentuan dalam ibadah adanya doa yang berbunyi "muslimin muslimat walmukminin walmukminat".Maka sedekah itu dapat dibentuk melalui keimanan yang mendalam. Bersedekah itu diawali dengan iman dan keiklasan. (*Penulis : Sultan Alfarizy)

Share this :

0 Response to "Indahnya Berbagi dan Bersedekah"

Poskan Komentar