8 Macam Tingkat Kecerdasan Seseorang yang Perlu Anda Ketahui

8 Macam tingkat kecerdasan seseorang yang perlu anda ketahui - Menurut Gardner, ada banyak macam kecerdasan, dan setiap orang memiliki tingkat kecerdasan berbeda. Untuk macam-macam kecerdasan itu, antara lain sebagai berikut :

1. Kecerdasan Naturalis

Kemampuan untuk peka terhadap lingkungan, berinteraksi dan menyayangi binatang, dan pandai memelihara tumbuhan. Biasanya, mereka suka di alam terbuka, misalnya pantai, hutan, gunung, cagar alam, dan sebagainya. Mereka senang mengobservasi alam, misalnya jenis bebatuan, jenis lapisan tanah, aneka flora dan fauna, sampai benda-benda di angkasa.
Baca: Bersahabat dengan Hewan Piaraan

2. Kecerdasan Metematik-Logika

Kecerdasan ini berkaitan dengan logika, pemikiran abstrak, angka-angka, dan sebagainya. Mereka yang memiliki kecerdasan tinggi di bidang ini, menyenangi berhitung dan cepat dalam menyelesaikan problem matematika. Mereka juga menyenangi permainan yang butuh banyak pemikiran, seperti catur dan teka-teki.

macam-macam,kecerdasan,tingkat kecerdasan

3. Kecerdasan Bahasa

Berkaitan dengan penggunaan bahasa dan kata-kata, baik secara isan maupun tulisan. Biasanya, anak yang memiliki kecerdasan bahasa, menyukai kegiatan membaca, membuat karangan, membuat puisi, menyusun kata mutiara, dan sebagainya. Anak ini juga memiliki daya ingat yang kuat, seperti mengingat nama orang, istilah baru, dan hal detail lainnya.
Baca juga: Pentingnya Kecerdasan Berbahasa Tulis

4. Kecerdasan Intra-Personal

Kecerdasan ini berkaitan dengan diri sendiri, mereka yang kecerdasan intrapersonal nya tinggi biasanya jadi introvert, perfeksionis, dan lebih senang kerja sendiri. Anak ini menyukai kesunyian, kesendirian, merenung, dan berdialog dengan diri sendiri. Mereka mampu mengenali berbagai kekuatan maupun kelemahan pada dirinya. Biasanya, senang melakukan introspeksi diri, mengoreksi kekurangan maupun kelemahan, kemudian mencoba memperbaiki diri. Banyak yang berkarir sebagai filsuf, psikolog, teolog, dan penulis.

5. Kecerdasan Musikal

Berkaitan dengan kepekaan terhadap suara-suara nonverbal, ritma, dan aneka hal yang berhubungan dengan musik. Anak-anak jenis ini cenderung senang sekali mendengarkan nada dan irama yang indah. Kecerdasan musikal banyak terlihat pada penyanyi cilik atau pemain musik cilik yang berbakat.

6. Kecerdasan Kinestetik

Kecerdasan ini berkaitan dengan gerakan, biasanya ditemui pada anak-anak yang unggul dalam olahraga, menari, atau berakting. Mereka aktif menggunakan seluruh tubuhnya untuk berkomunikasi dan memecahkan masalah. Mereka juga lebih mudah belajar dengan cara melakukannya, daripada dengan membaca atau mendengarkan.

7. Kecerdasan Visual Spasial

Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan membuat imajinasi bentuk, termasuk bentuk tiga dimensi. Mereka yang memiliki kecerdasan ini berbakat menjadi pemahat patung dan arsitek suatu bangunan. Anak-anak demikian akan unggul dalam permainan mencari jejak, misalnya pada kegiatan pramuka.

8. Kecerdasan Interpersonal


Anak yang memiliki kecerdasan interpersonal mudah bersosialisasi dengan lingkungannya. Mereka mampu memahami dan berinteraksi dengan orang lain, mereka juga mampu menjalin persahabatan dengan teman-temannya, memiliki kemampuan untuk memimpin, berorganisasi, menangani perselisihan teman, memperoleh simpati dari anak lain, dan sebagainya. (*Penulis: Difo Faizi Pratama)

Share this :

0 Response to "8 Macam Tingkat Kecerdasan Seseorang yang Perlu Anda Ketahui"

Poskan Komentar