Manfaat Layanan Internet dalam Pembelajaran

Manfaat layanan internet dalam pembelajaran - Internet adalah kumpulan beberapa komputer dari seluruh dunia yang terlingkup dalam suatu jaringan yang sangat luas dengan teknologi dan adanya suatu hubungan antara server dan client. Internet merupakan sebuah layanan yang merupakan sebuah layanan yang memberikan sebuah informasi mengenai pengetahuan, tentang sejarah dan tentang teknologi.

Internet dapat digunakan dalam proses pendidikan terutama sebagai layanan dalam pembelajaran.Teknologi yang ada dapat dimanfaatkan guru yang mengajar dengan menggunakan akses internet dan terciptalah pendidikan yang interaktif antara seorang guru yang dapat memiliki sumber informasi up to update.

Sebelum mengetahui layanan internet yang dapat digunakan dalam pembelajaran, guru dalam mendidik dapat digunakan layanan yang dapat diajarkan. Membahas mengenai manfaat layanan internet dalam pembelajaran bagi guru dan peserta didik.

manfaat,layanan internet,pembelajaran

#Manfaat layanan internet bagi guru, antara lain:

1.Pengembangan profesionalisme
a.Meningkatkan pengetahuan dan wawasan kependidikan
b.Bekerja sama dalam sesama  mengajar
c.Berprestasi dalam forum pengetahuan pendidikan.

2.Sumber bahan ajar
a. Mengakses rencana belajar
b. Bahan baku dalam segala bidang pembelajaran.
c. Mengumpulkan bahan ajar dari berbagai sumber.

Untuk siswa, internet dapat dimanfaatkan sebagai:

#Belajar cepat
a.Meningkatkan informasi
b.Bajar inter-aktif
c.Mengembangkan balajar sendiri

#Memperkaya pengetahuan dan wawasan
a. Meningkatkan komunikasi dalam belajar
b. Meningkatkan cara belajar.

Dalam pembelajaran, guru dapat menggunakan layanan internet web course. Web course adalah penggunaan internet untuk keperluan pembelajaran, dimana seluruh bahan belajar, diskusi dan penugasan dari internet sepenuhnya.

Siswa dapat meminta penjelasan kepada guru tetapi sepenuhnya terpisah, namun hubungan komunikasi dapat dilakukan di setiap saat. Bentuk layanan  untuk keperluan pembelajaran melalui kegiatan fasilitas internet seperti e-mail, chatt rooms, bulletin board dan online conference.

Sistem layanan dalam web course dengan sumber belajar digital, baik layanan yang dikembangkan sendiri maupun dengan membuat hubungan (link) ke berbagai sumber belajar yang tersedia dalam internet. (*Penulis : Sultan Alfarizy)

Share this :

0 Response to "Manfaat Layanan Internet dalam Pembelajaran"

Poskan Komentar