9 Manfaat Membaca yang Perlu Anda Ketahui

9 Manfaat Membaca yang perlu anda ketahui - Sudahkah kamu membaca hari ini? Apa yang kamu dapatkan dari kegiatan membaca tersebut? Jika kamu membaca dengan benar, akan ada banyak hal yang dapat kamu peroleh.


manfaat,membaca,baca buku
Foto : Ilustrasi membaca (pixabay.com)

Sebaliknya, membaca yang hanya sekedar menyuarakan lambang-lambang tertulis tanpa memahami dan mengetahui artinya, tidak akan memperoleh banyak manfaat. Sekurang-kurangnya ada 9 manfaat membaca yang perlu kamu ketahui :

1. Meningkatkan kadar intelektualitas

Kadar intelektualitas dapat kamu tingkatkan melalui kegiatan membaca, seperti dengan membaca karya ilmiah populer. Karya ilmiah populer adalah karya ilmiah yang menguraikan ilmu pengetahuan dan disuguhkan menggunakan bahasa yang populer.


Bahasa yang populer merupakan bahasa yang sudah dikenal masyarakat umum. Dengan demikian, karangan ilmiah populer akan lebih mudah kamu pahami karena menggunakan bahasa yang sudah kamu kenal.

2. Memperoleh berbagai pengetahuan umum dan informasi

Dengan membaca, sungguh banyak hal-hal yang dapat kamu ketahui. Membaca menjadi jendela untuk membuka belantara pengetahuan yang luas di balik kata-kata yang dirangkai dalam beragam jenis tulisan.

Dengan membaca tulisan yang disusun oleh orang-orang yang memiliki ilmu pengetahuan, kamu akan dapat menimba pengetahuan dan informasi penulisnya itu. Ilmu pengetahuan dan informasi tersebut akan memperkaya hidup kamu.

3. Mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Berbagai hal yang berkaitan dengan penemuan baru dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi, sering kali disampaikan melalui tulisan. Jika kamu tidak mau membaca, berarti kamu telah mengisolasi diri sendiri dari berbagai informasi tentang ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Sebaliknya, dengan membaca kamu akan menyadari bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang.

4. Mendapatkan banyak pengalaman hidup

Pengalaman adalah guru yang paling berharga, kamu dapat membaca berbagai pengalaman hidup seseorang yang ditulis dalam bentuk biografi. Dengan membaca biografi, kamu dapat belajar dari pengalaman hidup orang lain. Jika kamu dapat belajar dari pengalaman hidup tersebut, bukan hal yang mustahil kamu akan menjadi pribadi yang mampu menyikapi hidup dengan baik.

5. Memiliki cara pandang dan pola pikir yang luas

Membaca akan membuat kamu memiliki banyak pengetahuan. Pengetahuan tersebut akan menjadi bekal kamu dalam memandang dan berpikir tentang berbagai hal. Semakin luas pengetahuan kamu, akan semakin banyak pula hal-hal yang dapat kamu pertimbangkan sebelum memutuskan sebuah masalah. Pengetahuan yang luas juga akan membuat kamu tidak akan terkungkung dalam cara pandang dan pola pikir pendek yang dapat merugikan diri sendiri.

6. Memperkaya perbendaharaan kata

Membaca berbagai buku pengetahuan, akan membuat kamu memiliki perbendaharaan kata yang banyak. Dalam sebuah bacaan, biasanya kita temukan kosakata yang belum kita ketahui makna dan artinya. Untuk mengetahui maknanya, kita dapat melihat di kamus. Dengan demikian, kita akan mampu meningkatkan penguasaan kosakata.

7. Mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi di berbagai belahan dunia

Banyak kejadian di berbagai belahan dunia yang diabadikan dalam bentuk tulisan. Dengan banyak membaca, kamu akan mengetahui berbagai hal yang terjadi di berbagai negara. Berbagai peristiwa yang aktual juga dapat kamu ketahui dengan membaca berita dalam berbagai koran atau surat kabar.

8. Meningkatkan keimanan

Membaca buku-buku rohani dapat meningkatkan keimanan kamu kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kamu akan semakin dekat dengan Tuhan. Dengan demikian, kamu juga akan merasa lebih tenang dalam hidup.

9. Mendapatkan hiburan

Pernahkah kamu membaca cerita-cerita lucu? Pernahkah kamu tertawa pada saat membaca? Hal-hal lucu dalam bacaan seringkali dapat membuat kita tertawa, kita merasa terhibur. Dengan demikian, melalui bacaan kita dapat memperoleh hiburan yang mudah. 

Bahkan seringkali hal-hal yang bermanfaat pun disampaikan dengan bahasa yang menghibur pembaca. Jadi, pembaca dapat memperoleh pengetahuan sekaligus hiburan.

Ada banyak manfaat membaca, bukan? Berdasarkan pengalaman kamu, mungkin kamu dapat menambahnya. Oleh karena banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan membaca tersebut, banyak orang tertarik untuk berusaha meningkatkan kemampuan membacanya. Semoga bermanfaat, terimakasih. (*Penulis :Difo Faizi Pratama)