Mengapa Paus Muncul ke Permukaan Laut?

Mengapa paus muncul ke permukaan laut? – Kita sering menyaksikan siaran televisi tentang paus. Setiap dua jam sekali hewan mamalia tersebut muncul ke permukaan laut sambil menyemburkan air dari hidungnya seperti air mancur.

Apa tuajuannya dan mengapa sampai demikian? Paus beradaptasi dengan lingkungan air dengan menunjukkan tingkah laku tertentu. Ini dikenal dengan istilah adaptasi tingkah laku hewan air.

paus,muncul permukaan air

Mamalia dan reptilia yang hidup di air laut bernapas dengan paru-paru. Ini diketahui melalui tingkah laku dan cara hewan tersebut bernapas. Paus termasuk jenis hewan mamalia (menyusui) dan bernapas dengan paru-paru.

Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, paus muncul ke permukaan laut untuk menghirup udara dan oksigen sebanyak-banyaknya sampai paru-parunya penuh. Kemudian paus kembali menyelam ke dalam laut.

Lebih kurang setengah jam kemudian muncul ke permukaan laut. Hal ini disebabkan  udara dalam paru-paru sudah mengalami titik jenuh dan menghembuskan ke  udara seperti air mancur. Nah, air mancur itu sesungguhnya adalah udara jenuh mengandung uap air yang sudah mengalami proses kondensasi dan mengembun.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »