Mengenal Jenis Penanda Waktu

Mengenal jenis penanda waktu – Penunjuk waktu adalah sahabat bagi kehidupan kita. Penanda Waktu sangat penting untuk menandai kapan suatu peristiwa yang akan terjadi. Waktu dapat menandakan sebuah kisah yang akan teringat di suatu masa depan baik itu bahagia maupun sedih.

Ilustrasi: :
Aturlah waktumu agar kamu dapat manfaatkan secara baik di setiap harimu. Pagi diawal kita bangun, di pagi yang cerah, kita dapat melaksanakan kegiatan yang baik yaitu mandi, sholat, mengaji, makan, belajar dan sebagainya. Maka pemanfaatan waktu dalam sehari-hari dapat dilaksanakan dengan baik.
Ilustrasi ini mengenai pemanfaatan waktu. Lamanya waktu dapat ditandai dengan satuan detik, menit, jam, bulan, hari, tahun, abad dan seterusnya. Dalam pembelajaran fisika, kita telah mengenal bahwa satuan waktu adalah secara internasional dikenal dengan sistem satuan  internasional  (SI), satuan waktu yang paling kecil adalah detik, yang tidak dapat dijangkau setelah terjadi.

mengenal,jenis,penanda waktu

#Jenis penanda waktu

1. Kalender
Kelender pertama dibuat oleh bangsa  Babilonia  yang mendorong bangsa tersebut dalam pengamatan langit. Dalam kelender kita dapat mengetahui bahwa dalam menggunakan waktu 12 bulan dalam satu tahun jumlah yang sama, yang terdiri dari 28 hari ini berdasarkan perputaran bulan pada porosnya.

Di dalam kelender untuk melakukan bulan tambahan agar sesuai dengan perputaran bulan tambahan setiap 2/3 tahun. Namun bangsa Babilonia Mesir membuat bulan selama 12 bulan 30 hari, sehingga total jumlah hari dalam satu tahun berjumlah 365 hari.

2. Jam (Watch)
Menentukan waktu dalam keseharian telah dibuktikan diribuan tahun lalu oleh bangsa Babilonia di tahun 2000 sebelum masehi dengan cara melihat bayangan matahari. Pengukur waktu di dunia adalah jam yang dapat menghitung lama sebuah peristiwa, kegiatan, dll dalam bentuk detik, menit dan jam (pengukur jenis waktu).

a. Jam Pasir
Jam pasir yang telah dibuat oleh bangsa Mesir dari tahun 1380 sebelum masehi.Bentuknya seperti bejana yang ditengahnya ada lubang kecil dengan 2 tempat untuk dapat mengalirkan pasir dari lubang yang diatas ke yang bawah.Jam ini dikembangkan sampai akhirnya bangsa Mesir menggantikan jam baru karena rentangan waktu yang lambat.Penghitungan jam ini adalah penurunan pasir dari lubang atas ke bawah.

b. Jam Saku Kuno Mekanik dan Jam Bandul
Jam ini dibuat oleh bangsa belanda di tahun romawi kuno tahun 1656 dibuat oleh Christian Huygens ahli matematika,fisika dan astronomi.Kekurang jam ini adalah kurangnya penghitungan waktu kurang dari satu menit dalam setiap harinya.Huygens membuat lagi jam baru bandul di tahun 1673 karena ketepatan gerakan dan mekanisme (escapement).

c. Jam Atom
Pada tahun yang dapat cepat dalam perkembangan jam didunia terbuatlah jam yang membuat tercengang di tahun 1969 terciptanya jam atom dengan kecepatan sampai per satu miliar detik dalam sehari.Sampai akhirnya ilmuwan dunia sepakat atas menetapkannya jam atom sebagai satuan waktu internasional.

d. Arloji

Jam arloji (jam tangan) ini telah mengalami kemajuan di zaman modern akibat perkembangan jam yang sangat cepat (pesat). Sejak di era modern telah banyak jam bervariasi tinggi serta disain yang unik dan menarik. (*Penulis: Sultan Alfarizy)

Share this :

0 Response to "Mengenal Jenis Penanda Waktu"

Poskan Komentar