Mengenal Mikroskop Sebagai Alat Bantu Penglihatan

Mengenal mikroskop sebagai alat bantu penglihatan - Sejarah didunia penelitian sejalan dengan mikrobiologi. Pada tahun sekitar 1664 Robert Hooke, menggambarkan sebuah sruktur reproduksi dari moulds. Namun dalam perkembangan tahun sehingga orang pertama dalam melihat mikro-organisme oleh seorang pembuat mikroskrop amatir berkebangsaan Jerman yaitu Antoni Van Leeuwenhoek ( 1632 - 1723 ), menggunakan mikroskrop dengan kpnstruksi sederhana. Dengan demikian dapat melihat mikro-organisme yang sangat kecil organisme.

Mikroskrop adalah alat untuk melihat objek kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Alat utama dalam mikroskrop untuk mengamati adalah lensa objektif dan lensa okuler yang merupakan lensa cembung. 

Secara garis besar lensa objektif menghasilkan sebuah bayangan sementara yang bersifat semu, terbalik dengan diperbesar terhadap posisi benda mula-mula. Daya urai merupakan ukuran citra kejelasan yaitu jarak minimum dua titik yang dapat dipisahkan  dengan dua titik berbeda dan terpisah.
Simak: Spion Kendaraan Menggunakan Lensa Positif, Kenapa?
Mikroskrop yang menggunakan alat cahaya disebut mikroskrop optik. Mikroskrop optik ini dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu mikroskrop biologi dan mikroskrop stereo. Mikroskrop biologi hanya untuk pengamatan benda bening dan transparan penyinaran sinar dapat dengan cahaya matahari dan cahaya lampu.

mengenal,mikroskop,alat bantu,penglihatan

Mikroskrop stereo digunakn untuk pengamatan yang tidak terlalu besar dalam memberi penyinaran dapat dilakukan dari atas dan bawah. Didalam ilmu penelitian banyak menggunakan mikriskrop biologi ( mikroskrop monokuler). 

Kebanyakan objek yang diamati dengan menggunakan mikroskrop monokuler memiliki ukuran yang kecil tipis sehingga dapat ditembus cahaya.Bentuk dan susunan objek dibedakan karena beberapa bagian objek lebih banyak menyerap cahaya dari pada bagian yang lain.

Mikroskrop membuat benda kecil kelihatan besar dari pada wujud yang sebenarnya. Mikroskrop dapat melihat pola terperinci yang tidak tampak dari mata telanjang yang disebut penguraian.Semakin tipis benda yang diamati semakin besar terlihat dengan mata kita.
Baca juga: Mata Manusia Identik dengan Kamera (?)

Daya pembesaran mikroskrop  yaitu kemampuan untuk membedakan rician halus  adalah sebanding dengan medium transmisi. Cahaya memanjang gelombang sekitar 0,5 mm dan daya pembesaran paling baik dengan gelombang sekitar 0,45 yang pendek. 

Adanya sebuah sifat kelemahan mikroskrop yaitu daya pisah. Daya pisah adalah kemampuan untuk membedakan dua titik yang berdekatan sebagai titik yang jelas serta terpisah. (*Penulis: Sultan Alfarizy)

Share this :

0 Response to "Mengenal Mikroskop Sebagai Alat Bantu Penglihatan"

Poskan Komentar