Pembinaan Akhlak Anak Sejak Dini

Pembinaan akhlak anak sejak dini - Usaha pembinaan akhlak harus menjadi tumpuan perhatian setiap pendidik yang berkecimpung di dunia pendidikan. Terlebih karena masalah pembinaan akhlak adalah salah satu misi kerasulan Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana termaktub dalam hadis:

عن ابى هريرة قال : قال رسول لله ص.م انما بعثت لاتمم مكارم الاخلاق.
(رواه مسلم)

Artinya:
“Sesungguhnya aku diutus (oleh Allah) adalah untuk   menyempurnakan akhlak yang mulia.”

Mengacu kepada hadits di atas, sudah seyogyanya lembaga pendidikan yang beragam macam dan bentuknya, berfungsi mencerdaskan generasi penerus yang sarat dengan nilai-nilai agama. Namun saat ini lembaga pendidikan cenderung hanya mentransfer ilmu pengetahuan saja, tanpa banyak memikirkan nilai-nilai agama yang perlu ditanamkan sedini mungkin pada anak didik.
  
pembinaan,akhlak anak,di sekolah

Agar tujuan pendidikan agama tercapai dengan baik, maka pihak sekolah dan berbagai elemen instansi pendidikan perlu mengambil suatu kebijakan dengan melakukan berbagai kegiatan keagamaan dalam rangka membina akhlak sehingga terwujud peserta didik yang beriman dan bertaqwa.

Dari observasi sementara yang penulis amati di berbagai instansi pendididikan, guru PAI (Pendidikan Agama islam) memakai berbagai metode pembinaan akhlak terhadap siswa, seperti: memberikan nasihat dan mau’izah, teguran, keteladanan, dan sanksi, pembiasaan, memberikan perintah dan larangan

Meskipun berbagai upaya telah dilakukan dalam membina akhlak siswa, namun masih banyak terdapat perilaku menyimpang dalam kehidupan sehari-hari anak di sekolah, di rumah dan di lingkungan masyarakat.

Sesuai dengan informasi yang penulis dapatkan bahwa, di berbagai instansi pendidikan banyak terjadi pelanggaran-pelanggaran atau sikap dan tingkah laku yang tidak sesuai dengan ajaran agama. Seperti suka mengeluarkan kata-kata kotor, kurang hormat dan patuh kepada guru, suka melecehkan teman dan sebagainya.

Tentunya fakta ini perlu mendapat perhatian lagi terutama bagi pendidik di sekolah tersebut. (*Penulis : Hadi Rahim)

Share this :

0 Response to "Pembinaan Akhlak Anak Sejak Dini"

Poskan Komentar