Periode Pembagian Zaman di Muka Bumi

Periode pembagian zaman di muka bumi - Ilmu astronomi yaitu ilmu yang mempelajari bintang-bintang. Menurut ilmu astronomi, dunia ini mulanya berupa bola gas yang sangat panas dan berputar pada porosnya sendiri.

Perputaran terus-menerus ini membuat bola gas tersebut semakin padat, sehingga terbentuklah kulit bumi. Lalu kenapa suhu bumi ini terasa tidak terlalu panas? Loh, katanya pada permulaan berupa bola gas yang sangat panas?  Pertanyaan yang muncul di benak kita.

Nah, begini penjelasannya. Kulit bumi yang semula terbentuk dari bola gas panas yang akhirnya terbentuk kulit bumi, lama-kelamaan semakin tebal dan semakin turun suhunya. Itulah sebabnya di kulit bumi tidak terasa terlalu panas.

periode,pembagian zaman

Kulit bumi sudah padat, namun bagaimana di dalam perut bumi? Di dalam perut bumi sampai sekarangpun belum memadat. Apakah kita pernah mendengar gunung yang masih aktif meletus? Apa yang dikeluarkan oleh gunung tersebut? 

Magma yang dikeluarkan dari gunung tersebut merupakan bukti dari bagian dalam bumi masih cair, karena magma merupakan bagian dalam bumi yang berbentuk lumpur sangat panas. Simak juga: Asal Mula Kejadian Alam Semesta

Ilmu geologi yaitu ilmu yang mempelajari kulit bumi. Pada ilmu geologi inilah pembagian zaman terjadi.

1.Archaeikum

Archaeikum yaitu zaman yang tertua, zaman ini berlangsung kira-kira 2.500 juta tahun. Pada masa ini kulit bumi masih sangat panas, sehingga pada masa ini belum ada tanda-tanda kehidupan. Namun diakhir masa ini barulah tampak adanya tanda-tanda kehidupan.

2.Palaeozoikum

Palaeozoikum juga disebut zaman hidup tua. Zaman ini berlangsung sekitar 340 juta tahu, pada zaman ini tanda-tanda kehidupan telah tampak. Pada zaman ini telah ada binatang-binatang kecil tak bertulang punggung sampai jenis ikan  dan permulaan bagi amfibi serta reptil. Selain dinamakan zaman hidup tua, masa ini juga dinamakan zaman primer (zaman pertama).

3.Mesozoikum

Mesozoikum disebut juga zaman hidup pertengahan atau sekunder (kedua). Zaman ini berlangsung sekitar 140 juta tahun. Apa kehidupan pada masa ini? Hewan yang hidup pada masa ini yaitu bangsa ikan, amfibi dan reptil yang semakin bertambah.

4.Neozoikum atau Keinozoikum

Neozoikum atau keinozoikum disebut juga zaman hidup baru, berlangsung sejak 60 juta tahun yang lalu sampai sekarang. Pada zaman ini dibagi 2 zaman yaitu :

          a.Zaman tersier (zaman ketiga)
Pada masa ini bangsa reptil raksasa lambat laun mulai punah, sedangkan hewan menyusui berkembang sepenuhnya. Masa ini terdiri dari dua.

          b.Zaman kuarter
Zaman ini adalah zaman yang sejarah, karena pada zaman inilah manusia mulai ada. Pada zaman ini dibagi menjadi dua yaitu dilluvilum atau plestosen dan alluvium atau holosen. (*Penulis : Andini meysi Ullanda)


Share this :

0 Response to "Periode Pembagian Zaman di Muka Bumi"

Poskan Komentar