Peristiwa Penting dalam Bulan Sya'ban

Peristiwa penting di bulan sya’ban – Bulan sya’ban termasuk bulan yang istimewa bagi umat muslim. Di samping memiliki keutamaan, di bulan ke delapan kalender hijriyah ini juga telah terjadi peristiwa besar dan penting yang patut kita ingat kembali.

Peristiwa ini akan mengingatkan kita kembali tentang pelaksanaan ibadah dan peningkatan nilai iman dan taqwa kepada Allah Swt. Apa sajakah peristiwa penting yang terjadi dan patut kita ingat di bulan sya’ban ini?

1.Perpindahan arah kiblat
Perpindahan arah kiblat dari Baitul Maqdis ke Ka’bah pada permulaan 16 H. Maka nasakh (penghampusan hukum lama) pertama kali dilakukan dalam masalah ini. Dua orang pertama yang sholat menghadap kiblat saat Rasulullah sedang melaksanakan sholat Zuhur.

peristiwa penting,bulan sya'ban

Diriwayatkan bahwa perpindahan waktu hari senin, pertengahan rajab, setelah matahari terbenam, dan dua hari sebelum perang Badar. Peristiwa ini saat Rasulullah melasanakan sholat Zuhur dan rasul memindahkan kiblatnya ke Ka’bah.

2.Kewajiban puasa ramadhan (2 H)
Kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan pada tahun ke-2 H ditetapkan pada bulan sya’ban.

3.Peristiwa Nahrawan
Peristiwa nahrawan adalah terpecahnya kelompok regu Ali bin Abi Thalib menjadi kelompok Syiah dan kelompok Khawarajj. Pada peristiwa ini sesungguhnya Ali bin Abi Thalib telah memenangkan pertempuran namun Muawiyahh dengan liciknya mengangkat al-Quràn untuk damai dalam mengalahkan Abu Musa al-asyàri.

4.Perampasan Baitul Maqdis setelah Perang Salib 13 syàban 492 H / 15 Juli 1099 M

5.Keluarnya Qatez dari Mesir, menuju Sholiyyah, untuk bertemu Tartar di Ain Jalut ( 678H/Agustus 1260 ) (*Penulis : Sultan Alfarizy)

Share this :

0 Response to "Peristiwa Penting dalam Bulan Sya'ban"

Poskan Komentar