Perkembangan Islam di Indonesia

Perkembangan islam di indonesia - Islam namanya. Agama yang mengisyaratkan arti perdamaian. Oleh sebab itu pantas islam tumbuh dan berkembang di mana pun tempatnya, dengan adanya nilai-nilai perdamaian.

Kedatangan islam ditanah air, berlangsung dan diterima begitu saja tanpa adanya permusuhan ataupun pertumpahan darah. Jika kalian ingin mengetahui tentang perkembangan islam di Indonesia, jangan lewatkan artikel berikut ini.

#. Masuk dan perkembangan islam di tanah air

Masuknya islam di tanah air sering di sebut dengan "islamisasi". Pada umumnya sejarawan berpendapat bahwa islam masuk ke tanah air melalui jalur perdagangan.

perkembangan,islam,indonesia

1.Kedatangan dan Penyebaran Islam Ditanah Air
Berdasarkan sumber-sumber tentang penyebaran islam di Indonesia terdapat beberapa teori. Pertama, islam masuk ke Indonesia dari wilayah-wilayah Benua India seperti Gujarat, Bengalia, dan Malabar.

Kedua, pendapat yang menyatakan bahwa islamisasi ditanah air terjadi pada tahun 1111 atau abad XII Masehi. Ketiga, teori yang menjelaskan bahwa masuknya islam ke tanah air langsung dari Mekah dan Madinah. Masuknya pada awal abad hijriah di masa Khulafaur Rasyidin.

2.Beberapa Jalur Islamisasi di Indonesia
Selain melalui jalur perdagangan , juga ada melalui jalur pendidikan dan hubungan sosial.

a.Islamisasi melalui perdagangan
Indonesia telah menjadi pilihan utama bagi para pedagang Arab, Gujarat dan sebagainya, untuk melanjutkan perdagangan ke negeri Cina, sambil menyebarkan agama islam.

b.Islamisasi melalui pendidikan
Penyebaran agama islam melalui pendidikan dilakukan oleh para mubalig yang ingin menyampaikan dakwah berasal dari daerah yang lebih dahulu masuk agam islam.

c.Islamisasi melalui kehidupan sosial
Ketika para pedagang melakukan aktifitas dagangannya, tidak jarang diantara mereka yang menetap di Nusantara. Selanjutnya mereka bahkan mambuat perkampungan muslim.

#Kerajaan islam di indonesia

1.Wilayah Sumatera
Pada akhir abad XIII beberapa wilayah di Sumatra telah menjadi pemukiman muslim, antara lain:

a.Kerajaan Perlak
Menurut pendapat prof. Ali Haymy, yang pertama kali berdiri di Sumatra adalah kerajaan perlak ( peureula ). Raja pertamanya bernama Alauddin Syah.

b.Kerajaan samudera pasai
Kerajaan samudera pasai berdiri pada abad XIII dan terletak pada pantai timur Aceh. Kerajaan ini terdapat di sekitar kota Lhokseumawe.

c.Kerajaan Aceh
Pada tahun 1514 berdiri pula kerajaan Aceh. Sultan Ibrahim atau Ali Mugayat Syah tercatat sebagai raja  pertama  di kerajaan ini, memimpin antara tahun 1514-1528 M.

2.Wilayah jawa
Di wilayah jawa berdiri kerajaan Demak, Pajang, Mataram, dan Banten.

a.Kerajaan Demak
Kerajaan Demak berdiri pada tahun 1478. Didirikan oleh Raden patah.

b.Kerajaan Pajang
Kerajaan dipimpin oleh Jaka Tingkir.

c.Kerajaan Mataram lslam
Pada tahun 1586 bersiri kerajaan Mataram Islam yang didirikan oleh Sutawijaya.

d.Kerajaan Banten
Kerajaan islam yang perlu kamu ketahui ialah Kerajaan Banten.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, terimakasih.  (*Penulis : Firman Saputra)

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »