Pertolongan Pertama pada Kecelakaan

Pertolongan pertama pada kecelakaan – Kecelakaan merupakan kejadian atau peristiwa yang tidak disadari dan diinginkan oleh setiap orang. Kecelakaan dapat berakibat hilangnya nyawa atau cacat.

Namun sebelum semuanya terjadi, perlu dilakukan tindakan awal terhadap korban peristiwa tersebut. Untuk melakukan ini dibutuhkan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan dalam melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan tersebut.

Dan jika anda berminat untuk mempelajari tentang pertolongan pertama simak terus sampai habis ya, dan saya telah merangkumnya dibawah ini:

pertolongan pertama,kecelakaan,P3K

P3K merupakan sebuah pengetahuan dan keterampilan. Oleh sebab itu perlu pengetahuan yang memadai kemudian berlatih untuk menerapkannya. Pengetahuan meliputi pengertian, tujuan dan maksud, serta prinsip dan peraturan dalam P3K.
  

1.Pengertian P3K

Pertolongan pertama pada kecelakaan hanya bersifat sementara. Artinya kita harus melakukan tindakan pertolongan sebelum korban mendapatkan tindakan pertolongan selanjutnya di rumah sakit terdekat.

2.Maksud P3K

Maksud P3K adalah untuk memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan ditempat kejadian dengan cepat dan tepat sebelum tenaga medis datang dan korban dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

3.Tujuan P3K

Tujuan dari P3K adalah mencegah maut dan mempertahankan hidup seseorang, maupun mencegah penurunan kondisi badan/cacat.

4. Prinsip dan peraturan penyelamatan

  •    Sikap tenang (tidak panik), tindakan yang harus dilakukan tidak tergesa-gesa, hati-hati dengan penuh perhatian pada si korban.
  •   Perhatikan pernapasan si korban. Korban kecelakaan atau bahaya, apapun perlu perhatian tentang pernapasan si korban, misalnya napas tersengal-sengal, napas terganggu, atau pernapasan terhenti.
  •   Hentikan pendarahan apabila terjadi, karena apabila tidak segera dilakukan akan menimbulkan kematian.
  •    Si korban harus diamankan dari bahaya atau kejadian yang akan timbul lagi, misalnya di jalan raya dan di sungai.
  •    Sebelum dibawa ke dokter, korban harus ditolong di tempat yang aman.
  •  Perhatikan pertolongan secara cepat dan tepat pada diri si korban, yang membahayakan tubuh korban.

Sekian info tentang pertolongan pertama pada kecelakaan, semoga bermanfaat dan dapat dipraktekkan di saat orang lain membutuhkannya, terima kasih. (*Penulis : Denis Pahlevi)

Share this :

0 Response to "Pertolongan Pertama pada Kecelakaan"

Poskan Komentar