Perubahan ke Arah yang Lebih Baik

Perubahan ke arah yang lebih baik – Masih dalam suasana tahun baru 1438 H, tak ada salahnya admin mengulas sedikit secuil hikmah di balik peringatan 1 Muharram 1438 H. Ulasan ini hanya sekadar perenungan dan koreksi diri di tengah banyaknya nilai keutamaan pada bulan Muharram.

Menelaah kembali apa yang sudah dilakukan selama tahun sebelumnya. Dan apakah yang patut kita lakukan menghadapi tahun yang akan kita lewati. Dengan tujuan agar perubahan ke arah yang lebih baik itu benar-benar terlaksana.

Tahun baru islam diperingati dengan mengadakan berbagai kegiatan keagamaan, seperti ceramah, tablig akbar, pawai obor, dan lain sebagainya. Itu semua boleh jadi sebuah tradisi atau kebiasaan selaku umat muslim. Namun yang lebih penting di balik kegiatan tersebut adalah terjadinya suatu perubahan  pada diri individu.

perubahan, arah lebih baik, 1 muharram

Perubahan pada diri individu dimaksud adalah ucapan, sikap, tingkah laku, perbuatan dan ibadah ke arah yang lebih baik. Inilah salah satu hikmah dari sekian banyak hikmah yang terkandung dalam pergantian tahun baru islam.

Segera meninggalkan sesuatu yang kurang atau tidak baik adalah landasan yang paling bagus untuk sebuah perubahan diri individu. Kemudian berusaha untuk melakukan sesuatu yang lebih baik menurut diri sendiri, orang lain dan lebih utama menurut kitabullah dan sunatullah.

Dalam hidup berbangsa dan bernegara, perubahan yang diharapkan tidak hanya sekadar atau asal berubah. Merubah bentuk dan format yang sudah ada, padahal itu diakui sudah bagus. Lalu merubah ke format dan bentuk lain yang belum teruji kemanfaatannya bagi masyarakat banyak.

Perubahan ke arah yang lebih baik memang harus dimulai dari dalam diri individu muslim sendiri.  Perubahan yang diharapkan mungkin tidak perlu yang muluk-muluk. Mulai dari hal yang sederhana.

Berusaha mengubah sikap dan perilaku ke arah yang lebih bermakna. Meninggalkan kebiasaan yang sudah seharusnya ditinggalkan dan merubahnya menjadi kebiasaan yang baik. Menjadi kebiasaan yang membawa nilai manfaat bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Selamat Tahun Baru, 1 Muharram 1438 H.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »