Sekilas Tentang Aqiqah untuk Anak

Sekilas tentang aqiqah untuk anak - Aqiqah adalah menyembelih hewan pada hari ketujuh dari kelahiran anak, baik anak laki-laki maupun anak perempuan. Dalam mengaqiqahkan anak hendaknya dicukur rambut kepala dan mengasih namanya.

Sabda Rasullulah saw :

"Samurah r.a, rasulullah bersabda : Tiap-tiap anak yang baru lahir menjadi rungguhan (tergedai/tanggungan) sampai disembelihkan baginya aqiqah di hari ketujuh dari kelahirannya, dan hari utu juga lah mencukur rambut kepalanya dan memberi nama.(H.R.Ahmad dan Tarmidzi).

tentang aqiqah,aqiqah

Dalam hukum islam, aqiqah hukumnya sunah muakad yang dipentingkan bagi orang yang mampu mengerjakannya. Di dalam islam tidak adanya sebuah paksaan dalam mengerjakan sesuatu.

Hal-hal yang dikerjakan di aqiqah :

a.Tata cara menyembelih hewan aqiqah
1. Membaca basmallah
2. Membaca shalawat nabi
3. Membaca takbir
4. Membaca doa
5. Penyembelihan menghadap kiblat sholat

b. Waktu pelaksanaan aqiqah
Waktu pelaksanaan aqiqah ini dapat dilaksanakan pada hari ketujuh setelah hari kelahiran. Aqiqah dilaksanakan dalam anak masih yang kecil. Menurut anjuran pelaksanaan dapat dikerjakan waktu pelaksanaan oleh orang tua pada hari ke- 7, ke- 14 dan ke- 21.

c. Jumlah hewan aqiqah
Jumlah hewan yang akan disembelih tergantung kepada jenis kelaminnya.
a. Bagi laki-laki jumlah hewannya sebanyak 2 ekor
b. Bagi perempuan jumlah hewannya sebanyak 1 ekor


d. Sunah yang dapat dilakukan di aqiqah
1. Mencukur rambut anak
2. Memberi nama anak
3. Bersedekah
4. Mengkhitankan anak. (*Penulis : Sultan Alfarizy)

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »