Tentang Keyboard Komputer yang Perlu Diketahui

Tentang keyboard komputer yang perlu diketahui – Keyboard? Kata ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kita, karena hampir dari kegiatan keseharian kita tidak lepas dari keyboard.  Dalam hal ini adalah keyboard pada komputer.

Walaupun seperti itu kita perlu memahami apa sih kayboard, bagaimana sejarahnya dan bagian-bagian penting dari sebuah keyboard komputer. Oleh karena itu saya akan membahas seputar keyboard komputer ini lebih mendalam, yang telah saya rangkum dibawah ini:

Keyboard atau papan ketik komputer merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 3, 4, 5, 8, 3, 3 dan lain-lain, serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Ada beberapa port keyboard yang saat ini digunakan, antara lain yaitu port serial, ps2, usb, dan wireless.

mengenal,keyboard,komputer

Saat ini terdapat beberapa jenis keyboard, antara lain keyboard QUERTY, DVORAK, KLOCKENBERG, KEYBOARD MALTRON, KEYBOARD CHORD, dan masih banyak lagi jenis lainnya. Dari sekian banyak jenis keyboard yang paling banyak digunakan adalah keyboard jenis QWERTY.

Tata letak keyboard QWERTY ini pertama kali ditemukan oleh Scholes, Glidden, dan Soule pada tahun 1878, dan kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905. QWERTY diambil dari 6 huruf berurutan pada baris kedua dari tombol alfanumerik tersebut. Keyboard QWERTY didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik (pada mesin ketik mekanik).

Tombol ketik pada keyboard biasanya terdiri dari empat bagian utama, dan empat bagian utama itu telah saya rangkum dibawah ini, sebagai berikut:

1.Typewriter key

Tombol ini merupakan tombol utama dalam input, yaitu tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, dapat juga untuk mengetikkan angka 3, 4, 5, 8, 3, 3 dan lain-lain.

2.Numeric key

Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock padam maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.

3.Function keys

Tombol fungsi ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang sedang digunakan

4.Control keys

Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt), dan escape (esc). (*Penulis : Denis Pahlevi)

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »