Tentang Tentara Nasional Indonesia

Tentang Tentara Nasional Indonesia - TNI merupakan angkatan militer untuk persatuan Indonesia yang sangat besar dan berani. TNI Indonesia telah nemperkuat persenjataan dan pengamanan di batas negara.

Dalam peperangan terhadap pengamanan negara, TNI memiliki sebuah pengamanan dalam memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Adanya TNI membuat sebuah semangat dalam memajukan angkatan militer untuk generasi bangsa.

TNI di Indonesia terbagi atas 3 angkatan, yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Berikut akan dikemukakan beberapa hal yang berkaitan dengan ketiga angkatan tersebut.

tengang,TNI,tentara nasional Indonesia

# TNI-Angkatan Darat

TNI Angkatan Darat memiliki moto: "KARTIKA EKA PAKSI" artinya kekuatan, kesatuan dan kesetiaan. Lambang angkatan militer TNI Darat terdapat perisai elemen-elemen berupa bintang, burung garuda, perisai dan bulu ekor.

a. Bintang, melambangkan cita - cita yang tinggi dalam ketentaraan patriotisme.

b. Burung Garuda, melambangkan jiwa ksatria, gagah perkasa dan pemberani. Burung garuda ini membuat sebuah ksatria sebagai perjuang yang berharga di Indonesia.

c. Perisai, dilambangkan dengan berwarna merah putih merupakan warna negara yang dicintai NKRI yang melukiskan jiwa kebangsaan dan semangat kebangsaan.

d. Bulu Sayap,  masing-masing berjumlah 10 helai menunjukkan bahwa bulan Oktober melambangkan lahirnya Tentara Republik Indonesia. Sedangkan Bulu Ekor berjumlah 17 helei menunjukkan tujuh perilaku keprajuritan yang tertuang dalam "saptamarga".

#TNI-Angkatan Laut

TNI Angkatan Laut mempunyai moto sebagai keprajuritan: "JALES VIVA JAYA MAHE" artinya, Di Laut Kita Jaya. Pada lambangnya TNI Laut memiliki elemen-elemen berupa garuda pancasila, jangkar, rantai, padi dan kapas.

a. Garuda Pancasila, merupakan falsafah negara RI yang dijunjung tinggi oleh prajurit negara di kelauttan.

b. Jangkar, merupakan lukisan semangat seorang prajurit yang bahari dan kecintaan terhadap negara NKRI.

c. Rantai pada suatu jangkar adalah melukiskan semangat persatuan dan kesatuan seluruh gugusan pulai di nusantara.

d. Padi dan Kapas melambangkan sebuah cita-cita kemakmuran dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

#TNI – Angkatan Udara

TNI Angkatan Udara mempunyai moto prajurit: "SWA BUWANA PAKSA" artinya Sayap Tanah Air. Pada lambang TNI Angkatan Udara terdapat elemen-elemen sayap yang mengembang, anak panah dalam cengkeraman, perisai padi dan kapas.

a.Sayap Garuda, siapnya prajurit  untuk terbang yang melukiskan kesepsiagaan Angkatan Udara untuk melindungi udara.

b. Anak Panah, dalam cengkeraman garuda yang melukiskan TNI-AU selalu siap mengusir musuh-musuhnya yang menggangu.

c. Perisai yang didalamnya terlukisnya sebuah peta wilayah Indonesia  wilayah yang selalu dijaga dan dilindungi.

d. Padi dan Kapas

Biji kapas berjumlah  8 butir yang melambangkan bulan kemerdekaan. Sedangkan butir padi berjumlah 45 melambangkan tahun kemerdekaan Republik Indonesia. (*Penulis : Sultan Alfarizy)

Share this :

0 Response to "Tentang Tentara Nasional Indonesia"

Poskan Komentar