Terampil Berkemah untuk Melatih Disiplin dan Kemandirian

Terampil berkemah untuk melatih disiplin dan kemandirian - Berkemah adalah salah satu kegiatan di luar sekolah. Dan biasanya berkemah dilakukan oleh siswa yang mengikuti organisasi pramuka. Dalam pelaksanaannya dilakukan di sekitar sekolah atau di alam bebas, seperti di daerah pegunungan maupun di buper (bumi perkemahan).

Kegiatan berkemah ini sangat digemari oleh anak-anak karena bisa melatih kedisiplinan dan kemandirian. Dan bagi orang yang kurang mandiri dan disiplin, mendingan ikuti kegiatan berkemah ini agar kalian bisa lebih mandiri dan disiplin, hahaha...

Jadi sebelum berkemah, kita harus mempersiapkan segala sesuatunya yang dianggap penting supaya pelaksanaanya nanti bisa tersusun dan terencana sesuai dengan yang diharapkan.

terampil berkemah,kemandirian,disiplin

Perbekalan yang harus dibawa ketika akan berkemah antara lain, perlengkapan pribadi dan perlengkapan kelompok. Perlengkapan pribadi meliputi perlengkapan; pakaian, perlengkapan mandi, perlengkapan makan dan minum, dan sebagainya. Sedangkan perlengkapan kelompok meliputi tongkat, ember, patok, senter, linggis, tenda, tali, kompor, dan sabit.

Dalam perkemahan tidak lepas dari aktivitas jasmani yang bisa menguras banyak energi, meliputi permainan, mencari jejak, dan api unggun.                                                    

1. Mencari jejak

Mencari jejak, aktivitas ini biasanya dilakukan pada saat pagi atau siang hari. Pelaksanaanya dengan penjelajahan dengan mencari tanda seperti permainan mencari harta karun gitu guys atau simbol yang harus dipecahkan.

2. Permainan

Dalam perkemahan tidak ada yang namanya waktu yang kosong atau tidak ada kegiatan yang dilakukan. Setiap ada waktu yang kosong pasti akan diisi dengan permainan.

3. Api unggun

Api unggun pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan kata ini, walaupun kalian tidak pernah berkemah sekalipun. Karena setiap kegiatan perkemahan tidak lepas dengan aktivitas api unggun. Sedangkan api unggun itu adalah semacam aktivitas menyalakan api di malam hari pada waktu berkemah. Biasanya ketika api unggun dinyalakan akan diberikan acara-acara, seperti pentas seni, puisi, bakar ikan bersama, dan lainnya.

Selain terampil dalam aktivitas jasmani para pekemah juga harus memiliki sikap hati-hati karena keselamatan adalah faktor utama. Maka berhati-hatilah saat melakukan kegiatan berkemah ini jangan sampai setelah berkemah kita malah jatuh sakit.

Sekian informasi dari saya, mudah-mudahan dapat bermanfaat terima kasih. (*Penulis : Denis Pahlevi)

Share this :

0 Response to "Terampil Berkemah untuk Melatih Disiplin dan Kemandirian"

Poskan Komentar