Tips Mudah Memahami Bacaan dengan Sistem SQ3R

Tips mudah memahami bacaan dengan sistem SQ3R - Apabila kita membaca sebuah karya atau buku, seperti novel, cerpen dan ilmu pengetahuan. Kita sering mengalami masalah dalam memahami isi bacaan tersebut. Padahal dari awal kita sangat ingin memahami dan menikmati ungkapan penulis atau pengarang buku bacaan.

Oleh sebab itu kita perlu semacam tips agar mudah memahami isi bacaan. Dan berikut ini adalah alternatif yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk memahami isi bacaan dengan mudah dapat dilakukan dengan sistem SQ3R. Sistem SQ3R yang terdiri dari Survey, Question, Read, Recite/Recall dan Review. 
Baca juga: Manfaat Membaca yang Perlu Kamu Ketahui
Sistem SQ3R dapat dilakukan dengan lima langkah secara berurut dan mendapat hasil yang terbaik. Berikut kelima langkah memahami bacaan dengan sistem SQ3R.

tips,membaca,sistem sq3r


1. Survey
Memperhatikan judul buku, telusuri daftar isi, baca kata pengantar, lihat tabel, grafik dan gambar serta lihat apendiks sebagai tambahan informasi. Hal in untuk mengenal isi buku dan tujuan buku.

2. Question
Bersamaan paada saat survey, ajukan pertanyaan tentang isi bacaan itu berupa teknik yang menggunakan 5W1H yaitu What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where(dimana), Why (mengapa) dan How (bagaimana).

3. Read
Konsentrasi pembacaan pada penguasaan ide pokok serta detail yang penting.Jangan membuat catatan dan tanda-tanda seperti garis bawah pada bacaan pada kata tertentu yang dapat memperlambat pembacaan.
4. Recite
Selesai pembaca suatu bagian,cobalah untuk menyebutkan hal penting dan jawablah pertanyaan yang muncul.Dan membuat catatan hasil yang telah dibaca.

5. Review
Selesai membaca, ulanglah salah satu hal, yaitu menelusuri judul dan subjudul serta bagian penting lainnya dengan menemukan pokok penting yang perlu diingat kembali. Demikian seputar tips mudah untuk memahami isi bacaan. (*Penulis: Sultan Alfarizy)

Share this :

0 Response to "Tips Mudah Memahami Bacaan dengan Sistem SQ3R"

Poskan Komentar