Amalan Serta Pertanyaan Malaikat Munkar Dan Nankir

Amalan serta pertanyaan malaikat munkar dan nankir – Apabila manusia telah meninggal dunia maka segala amalannya selama di dunia akan menolong manusia tersebut dalam menempuh proses setelah kematian. Salah satunya prosesi setelah kematian adalah ketika menghadapi malaikat Munkar dan Nakir.

Malaikat Munkar dan Nakir akan menanyai mayat tentang amalan manusia semasa hidup. Dalam sebuah hadist telah dijelaskan, bahwa setelah mayat di letakkan di dalam kubur, maka datanglah dua malaikat yaitu Malaikat Mungkar dan Nankir. Warnanya hitam pekat, suaranya keras bagaikan halilintar yang menyambar, kedua matanya melotot. Kedua malaikat tersebut mampu merobek bumi dengan kuku jarinya yang sangat tajam.

Seterusnya kedua malaikat tersebut datang dari arah kepala si mayat, maka ibadah sholat berkata: "Kalian jangan datang ke arahku, karena mayat ini telah melakukan semua sholatnya."

Lalu kedua malaikat tersebut datang dari arah kiri si mayat, maka puasa berkata: "jangan datang dari arahku, karena mayat ini telah menahan rasa haus, lapar, dan hawa nafsunya."

amalan manusia,munkar dan nakir,tanya jawab

Kemudian kedua malaikat tersebut datang dari kanan si mayat, maka shadaqah berkata: Jangan datang dari arahku, karena arah ini telah dipergunakan untuk rajin bershadaqah."
Selanjutnya kedua malaikat tersebut datang dari arah kaki si mayat, maka kaki mayat tersebut berkata: "Kalian sudah salah kalau datang ke arahku, karena mayat ini telah mempergunakan aku untuk berjalan ke sholat berjamaah."

Setelah mayat itu bangun selayaknya seseorang bangun tidur dia berkata: "Apa yang kalian berdua inginkan dariku?". Kedua malaikat itupun menjawab: "Aku ingin ketauhidanmu kepada Allah. Maka mayat itu menjawab: "Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah."

Kemudian malaikat tersebut bertanya lagi: "Apa yang kamu pikirkan tentang Muhammad?" Maka mayat itu menjawab: "Dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu utusan Allah Swt."

Lalu kedua malikat tersebut berkata kepada mayat: "Kamu hidup beriman dan mati pun beriman."
Itulah beberapa amalan manusia semasa di dunia untuk menghadapi kedatangan malaikat Munkar dan nakir. Semoga bermanfaat. (*Penulis: Firman Saputra)

Share this :

0 Response to "Amalan Serta Pertanyaan Malaikat Munkar Dan Nankir"

Poskan Komentar