Berbagai Hikmah Dibalik Sholat Subuh

Berbagai hikmah dibalik sholat subuh – Barangkali sobat pengunjung matrapendidikan.com sudah mengetahui hikmah dibalik solat subuh.  Ternyata sholat subuh memang tidak diperlakukan biasa oleh Allah. Ada sesuatu yang spesial yang dijadikan oleh Allah terhadap sholat subuh dibandingkan sholat-sholat wajib yang lain.

Segudang pahala telah disiapkan dan sejuta hikmah lain pun telah disediakan. Tinggal kita saja yang mau atau tidak menerima tawaran Allah Swt tersebut. Nah, bagi sobat yang mungkin pengin tau apa saja hikmah dibalik sholat subuh, saya akan berbagi dan  mari kita simak uraian berikut ini.
Simak juga : Ada Apa DibalikSholat Subuh?
1. Pahala sholat subuh menyamai pahala sholat semalam
Bahwa Allah Swt telah menjanjikan akan memberi pahala besar bagi semua hamba-Nya yang mau melaksanakan sholat subuh. Apalagi kalau dikerjakan secara berjamaah. Pasti pahalanya lebih besar lagi.

hikmah,dibalik,sholat subuh

Kalau sholat semalaman, mungkin kita tak punya kesanggupan, mengapa kita tidak mengupayakan ikut serta dalam pelaksanaan sholat subuh saja? Bukankah dengan berjamaah, sholat subuh akan terasa lebih ringan jika dibandingkan sholat semalam penuh? Sungguh, Allah telah menjanjikan hal yang demikian.

2. Pahala sholat subuh menyamai pahala haji dan umrah
Ternyata, dua rakaat sholat subuh menyimpan nilai pahala yang sama dengan pahala yang didapat dari melaksanakan ibadah haji dan umrah. Subhanallah! Inilah keadilan Allah Swt. Banyak di antara kita yang tidak bisa pergi naik haji ke Mekah karena beberapa alasan, namun itu bukan berarti kita tidak dapat menikmati pahala haji. Allah memberikan jalan dan cara yang lain dengan menawarkan bentuk amal lain yang mempunyai nilai pahala yang sama persis dengan pahala haji dan umrah. Dan inilah ketentuan Allah pada sholat subuh.

3.Sholat sunah qabliyah (sebelum) subuh lebih berharga dari pada dunia beserta isinya
Keagungan nilai pahala yang terdapat dalam sholat subuh tidak hanya terdapat dalam sholat subuh itu sendiri, akan tetapi juga terdapat pada dua rakaat sebelumnya, yakni sholat sunah qabliyah subuh. Bahkan, nilai pahala yang terdapat dalam sholat sunah qabliyah tersebut lebih besar dibandingkan dengan sholat sunah rawatib lainnya.

Sampai-sampai sholat tersebut lebih berharga dari pada dunia beserta isinya. Masyaalllah! Ini baru sholat sunahnya saja, lalu bagaimana dengan dua rakaat yang wajib-Nya? Subhanallah! Begitu agungnya nilai pahala yang terdapat dalam sholat sunah qabliyah subuh ini, sampai-sampai nabi mewasiatkan agar kita jangan sampai ketinggalan meraih pahala tersebut meski dalam kondisi apapun.

4. Sholat subuh sumber pengampunan
Kita sebagai manusia tidak pernah luput dari salah dan dosa. Selagi kita masih menjalankan kehidupan didunia pasti kita punya salah dan dosa kepada Allah maupun kepada sesama manusia. Lantas, apakah jalan terbaik yang bisa kita tempuh untuk menghindarkan diri dari dosa?

Oleh karenanya langkah yang harus diambil adalah dengan menjaga diri agar dosa itu tak terlampau banyak dilakukan. Selain itu, manusia harus sering memohon ampun kepada Allah supaya dosa-dosa itu dapat dihapuskan. Dengan memohon ampunan kepada Allah, dosa-dosa kita akan terampuni dan terhapuskan. Sebenarnya, ada banyak cara yang disediakan Allah agar manusia dapat memperoleh pengampunan-Nya. Salah satunya adalah dengan melaksanakan sholat fardhu, lebih khusus lagi sholat subuh.

5. Sholat subuh sumber cahaya dihari kiamat
Sholat subuh adalah sumber dari segala sumber cahaya dihari kiamat. Dihari itu semua sumber cahaya didunia akan padam. Pada hari yang sangat berat dan gelap itu, sesungguhnya Allah telah memberikan cahaya khusus kepada semua orang Islam.

Akan tetapi, cahaya tersebut hanya mampu digapai dan dimanfaatkan oleh orang yang benar-benar beriman. Merekalah yang akan mendapatkan karunia agung dari Allah. Karunia itu berupa sinar cahaya yang menjadi petunjuk jalan sekaligus penuntun cahaya menuju surga.

Karunia cahaya tersebut merupakan sebuah janji Allah sebagai balasan bagi amal-amal mereka. Dan sesungguhnya banyak amal yang kelak menjadikan turunnya karunia cahaya Allah, salah satunya adalah sholat subuh berjamaah.

6. Sholat subuh penangkal api neraka
Selain janji pahala yang ditawarkan begitu mengagumkan, dalam sholat subuh juga mengandung hikmah yang tak kalah menggiurkan lagi, yaitu sholat ini bisa menjadi penangkal hingga seseorang diselamatkan oleh Allah dari siksaan api neraka. Dengan melaksanakan sholat subuh seseorang akan selamat dari adzab neraka kelak.
Simak juga : Ancaman dan Siksaan Meninggalkan Sholat
7. Sholat subuh penuntun masuk surga
Sholat subuh tidak hanya akan menyelamatkan seseorang dari kobaran api neraka saja, tetapi juga akan mengantarkan pelakunya memasuki surga Allah. Seperti sholat-sholat wajib yang lain, sholat subuh pun sanggup menjadi salah satu sebab seseorang dimasukkan kedalam surga.

8. Allah memberikan jaminan terhadap orang yang melaksanakan sholat subuh
Jaminan Allah yang dimaksud disini adalah perlindungan sekaligus penjagaan-Nya. Dengan perlindungan dan penjagaan Allah, manusia akan selalu dalam keselamatan. Tak ada satupun makhluk yang bisa mengganggunya atau mencelakainya. Orang yang berada dalam jaminan Allah akan selalu aman dimanapun ia berada.

Nah, apakah kita tidak akan merasa rugi jika meninggalkan sholat subuh yang pahalanya sangat besar tersebut? Untuk, itu marilah kita tingkatkan amal ibadah dengan sholat subuh yang memiliki banyak pahala tersebut.

Maka, janganlah malas untuk bangun dipagi hari, sebab jika kita melewatkan waktu subuh begitu saja tanpa ada peribadatan dua rakaat menghadap Allah, maka itu berarti sebuah musibah besar bagi kita. Kelak, tidur yang akan menghalangi bangun kita untuk sholat subuh akan menjadi siksaan tersendiri.
Baca juga: 8 Cara Menggapai Sholat Tahajjud
Ok sobat, demikian uraian tentang 8 hikmah atau keuntungan melaksanakan sholat subuh. Semoga bermanfaat dan terima kasih. (*Penulis : Fauzia)

Share this :

0 Response to "Berbagai Hikmah Dibalik Sholat Subuh"

Poskan Komentar