Cara Memasak Nasi yang Benar

Cara memsak nasi yang benar - Nasi adalah beras yang telah diolah atau dimasak. Hm, ada yang gak tau beras? Ah, masa iya, orang Indonesia gak tau beras? Pasti semuanya tahu dengan beras karena beras adalah makanan pokok masyarakat Indonesia.

Memang, makanan pokok masih ada yang lain seperti ubi, jagung, kentang, dan gandum. Akan tetapi, sebagian besar masyarakat Indonesia menjadikan beras sebagai makanan pokok. Ubi, jagung, kentang, dan gandum mungkin hanya di beberapa daerah saja.
Simak juga yang ini: Pemilihan Bahan Makanan yang Tepat
Beras termasuk ke dalam gizi seimbang yaitu bagian makanan pokok. Di dalam beras, terkandung banyak nutrisi, tapi yang lebih dominan yaitu karbohidrat. Karbohidrat sangat berguna bagi tubuh, karbohidrat berfungsi untuk menghasilkan energi dalam tubuh dengan bantuan oksigen dalam proses oksidasi.

cara,memasak,memasak nasi

Maka dari itu, beras sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika kita kekurangan karbohidrat, tentu saja kita akan kekurangan energi dan lemas, akibatnya kita tidak punya cukup energi untuk melakukan aktivitas.

Kebanyakan orang dalam memasak nasi, beras dicuci dengan cara yang kurang tepat, yaitu dengan meremas beras sekuat-kuatnya, dengan tujuan agar beras tersebut bersih. Padahal itu merupakan cara yang salah, jika meremas sekuat-kuatnya, nutrisi yang terkandung dalam beras akan keluar dan akan larut bersama air.

Untuk mencegah hal tersebut, cobalah memasak nasi dengan cara benar berikut.

1. Masukkanlah beras ke dalam periuk atau sejenisnya secukupnya

2. Masukkan air, kemudian aduk aduk beras tadi, lalu airnya dibuang. Tapi ingat, beras tersebut jangan diremas sekuat-kuatnya. Lakukan kegiatan tersebut 2 kali

3. Masukkan lagi air, setinggi apa beras tersebut dari dasar periuk, maka airnya setinggi itu pula dari permukaan beras, biasanya diukur dengan jari. Tapi sekarang di periuk rice cooker telah ada takarannya, jadi kita tidak perlu lagi mengukurnya dengan jari

4. Letakkan periuk diatas kompor dan tutup, lalu nyalakan apinya. Tunggu hingga air mendidih, setelah mendidih, buka tutupnya. Tunggu sampai air kering, setelah kering, tutup kembali dan kecilkan apinya. Tapi sekarang telah ada rice cooker dan kita tinggal tekan saja.

Mungkin itulah cara memasak nasi yang benar. Semoga bermanfaat, terima kasih. (*Penulis : Difo Faizi Pratama)

Share this :

0 Response to "Cara Memasak Nasi yang Benar"

Poskan Komentar