Cara Membuat Kalio Udang Petai Super Enak

Cara membuat kalio udang petai super enak – Kalio? Ya, kalio...sahabat tau tidak, apa sih kalio itu? Kalio sama seperti rendang, tapi agak sedikit basah dan tidak terlalu kering. Kalio biasanya banyak dibuat orang dengan menggunakan bahan utama daging sapi, kerbau atau daging ayam. Tapi, ststtt.... tunggu dulu.. Masih ada lagi selain daging sapi, kerbau atau daging ayam, loh...salah satunya, yaitu...udang

Seperti yang akan kita bahas sekarang, siapa sih yang tau kalio udang? Mungkin sahabat muda tidak ragu lagi dengan masakan ini. Masakan ini memiliki rasa enak dan nikmat.

Kalio udang ini merupakan salah satu makanan khas Padang, kalio ini juga cukup terkenal di kalangan pencinta kuliner,loh...Jadi kita tidak perlu heran, jika kalio udang ini banyak yang menyukainya.

kalio udang,bahan dan cara membuat

Seperti yang saya sebut tadi, kalio ini memiliki rasa yang enak dan nikmat, apalagi dicicipi dengan tambahan, seperti petai atau tempe, seperti gambar di atas. Uuuuh.....Dijamim enak deh! Udang yang mengandung protein, tempe yang mengandung protein dan pete yang mengandung vitaman B1 ini juga membuat tubuh kita sehat,loh sobat muda....

Sahabat muda pernah nyobain kalio udang ini, bukan? Tapi...dibeli atau dibuat sendiri di warung makan sih? Yah, nggak asik nih kalian, kalo kalian beli diwarung kan buang - buang uang sama nanti kurang terjamin kebersihannya!

Tapi, enggak usah khawatir sahabat muda, gimana kalo kita membuatnya sendiri dirumah? Selain bersih tentunya, rasa yang kita dapatkan akan lebih enak dan akan menggugah selera banget. Yuk, langsung kita simak resep kalio udang ala Tasya di bawah ini!

A.Bahan yang diperlukan

bahan,cara,membuat,kalio udang petai

1. 1/2 Udang segar,di kupas kulitnya lalu bersihkan
2. 1 kg santan
3. 2 papan petai
4. Bumbu kunyit,Jahe,dan bawang putih dan merah yang sudah dihaluskan atau digiling
5. Cabe merah dan bawang merah
6. Tempe secukupnya
7. Daun kunyit dan daun salam
8. Garam secukupnya.

B.Cara membuat kalio udang

cara,langkah,membuat,kalio udang

1. Pertama-tama udang di bersihkan dahulu(kulitnya dikupas)
2. Masukkan lah santan kedalam panci dan hidupkan lah kompor
3. Bawang dan cabe tadi di giling dan di kasih garam secukupnya
4. Setelah itu masukan lah cabe,bumbu kunyit, bumbu jahe dan bawang putih dan merah yang sudah di haluskan tadi ke dalam panci berisi santan
5. Aduk - aduklah santan tersebut ,jangan sampai santan menjadi pecah
6. Setelah itu masukkan daun kunyit dan daun salam
7. Setelah santan nya mendidih, masukkan lah udang tersebut
8. Apabila udang sudah empuk,maka udang sudah dapat disajikan
Jangan lupa baca: Cara Membuat Onde-onde Gula Merah Paling Enak
Itulah resep kalio udang paling enak dan lezat ala Tasya, selamat mencoba ya teman-teman. Semoga kalian mengerti dan suka.Terima Kasih. (*Penulis : Salsabila Dwi Vindi)

Share this :

0 Response to "Cara Membuat Kalio Udang Petai Super Enak"

Poskan Komentar