Cara Membuat Sambal 'Pacah Taruang' Pedas Tapi Enak

Cara membuat sambal 'pacah taruang' pedas tapi enak – Sekarang lagi musim hujan sehingga pas banget membahas kuliner bercita rasa pedas. Supaya tubuh kita terasa lebih hangat dan bersemangat belajar atau bekerja. Nah, untuk pengunjung setia blog matra pendidikan akan disajikan teman makan nasi yang disebut ‘Pacah Taruang’.

Pacah taruang merupakan salah satu sambal teman makan nasi yang cukup pedas. Meskipun demikian teman makan nasi sejenis ‘samba lado’ ini bisa membuat kita ketagihan bila telah mencoba sekali. Teman makan nasi ini banyak dikenal di nagari Taluk Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, atau mungkin di daerah-daerah lain tapi dengan nama yang berbeda.

Pacah taruang ini adalah olahan dari bahan dasar cabe merah ditambah dengan buah terung. Wah, ternyata buah terung bisa diolah menjadi bahan teman makan nasi yang enak sehingga menambah selera makan.

cara,membuat,pecah terung

Pacah taruang ini memiliki cita rasa yang lumayan pedas, tetapi juga diimbangi dengan rasa asam dan manis, sehingga menimbulkan cita rasa yang luar biasa. Pacah taruang bisa juga dipadukan dengan daun ketela pohon ataupun dengan buncis, dan makanan ini sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin bersama keluarga.

Okelah sobat, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara dan langkah-langkah membuat pacah taruang. Bagaimanakah caranya? Ikuti langkah-langkah berikut.

#Persiapan alat dan bahan

1. 10 buah cabe merah.
2. 3 buah terung ungu atau tarung hijau.
3. 3 buah bawang merah.
4. 1 buah jeruk nipis.
5. Penyedap rasa seperti Ajinomoto.
6. Air secukupnya.

#Proses pembuatan

1. Kukus lah cabe, terung, dan bawang tadi. Boleh dikukus di dandang ataupun pada saat menanak nasi. Namun, selain dikukus boleh juga direbus. Setelah cabe, terung, dan bawang itu empuk, angkat dan asingkan tempatnya.

2. Letakkan cabe tadi di batu ulekan dan tambahkan garam secukupnya, lalu ulek/giling tapi jangan sampai halus. Kemudian masukkan bawang, lalu ulek lagi, tapi ingat jangan sampai halus. Setelah itu, salinlah ke piring.

3. Cabe yang di dalam piring itu dikasih perasan jeruk nipis atau 'asam sundai' secukupnya. Jika ingin rasanya agak asam, maka berilah perasan jeruk nipisnya agak banyak. Sebaliknya, jika ingin rasanya kurang asam, maka kurangilah perasan jeruk nipisnya. Pokoknya sesuai selera masing-masing.

4. Setelah itu, kasih penyedap rasa dan air secukupnya, airnya sekitar 1 sendok nasi, lalu aduk sampai bumbunya merata.

5. Langkah terakhir, tinggal masukkan terung tadi ke dalam piring yang berisi cabe, lalu terung itu dibelah-belah memanjang dengan sendok sampai setengah hancur, kemudian aduk. Dan pacah taruang siap untuk disantap.

Jika ingin dipadukan dengan daun ketela pohon atau buncis, maka daun ketela pohon atau buncis itu dikukus bersama dengan terung dan dimasukkan juga bersamaan dengan terung.
Baca juga : Cara Membuat Kalio Udang Petai Super Enak

Bagaimanakah membuatnya? Mudah bukan? Semoga artikel ini bermanfaat dan sobat bisa mempraktekkannya di rumah. Sekian dari saya, terimakasih. (*Penulis: Difo Faizi Pratama)

Share this :

0 Response to "Cara Membuat Sambal 'Pacah Taruang' Pedas Tapi Enak"

Poskan Komentar