8 Cara Menggapai Sholat Tahajjud

8 Cara menggapai sholat tahajjud - Hai teman-teman? Apa kabar kalian semua? Mudah-mudahan sehat ya. Teman-teman tau tidak tentang perintah yang menyuruh kita untuk melaksanakan sholat lima waktu sehari semalam. Ternyata sebelum perintah sholat wajib tersebut, Rasulullah Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, pernah memerintahkan para pengikutnya melaksanakan sholat malam. Di antara sholat malam, ada salah satu sholatnya yaitu sholat tahajjud.

Kata ‘tahajjud’ berasal dari kata ha-ja-da yang berarti tidur. Jadi, tajjud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam setelah tertidur dan kemudian bangun sekalipun itu hanya sebentar. Shalat tahajjud ini minimal terdiri dari dua rakaat dan paling banyak itu tidak terbatas.

Baiklah teman-teman, saya akan berbagi tentang 8 cara menggapai sholat tahajjud.

1. Berusaha mengatur aktivitas di siang hari

Tujuannya agar malamnya tidak mengalami kelelahan. Cara ini adalah cara yang paling utama. Cara ini tergantung kepada keseharian kita, karena dengan tidak memprorsir tenaga kita di waktu siang hari maka ini akan membantu kita untuk mengerjakan shalat tahajud.

cara,menggapai,sholat tahajjud

Melakukan aktivitas sehari penuh pasti akan membuat kita kelelahan malamnya, maka dari itu apa salahnya jika kita beristirahat sejenak. Istirahat sejenak ini juga berguna untuk kesehatan kita.

2. Hindari kemaksiatan atau maksiat

Menghindari kemaksiatan ini termasuk cara memudahkan kita untuk sholat tahajjud. Di dalam kitab tanbihul Mughtarrin, ada seseorang berkata kepada Ibrahim Bin adham, "Aku tak sanggup sholat malam, berilah aku resepnya." Maka ia berkata kepadanya, "Janganlah kamu mendurhakai-Nya di siang hari, maka dia akan membangunkanmu di hadapannya di malam hari. Sesungguhnya berdiri dihadapan-Nya di malam itu termasuk kemuliaan paling Agung. Sedangkan orang yang mendurhakai-Nya  tidak pantas mendapat kemuliaan itu.

3. Mempelajari kehidupan orang-orang yang Soleh

Kalian tau tidak, kehidupan orang-orang yang soleh kayak gimana? Coba kalian perhatikan gimana kehidupannya, bahagia atau tidak? Terus bagaimana keadaannya, selalu sehat atau tidak? Dan coba kalian perhatikan wajahnya, berseri tau tidak?

Dari pertanyaan tadi sudah terungkap, bahwa orang-orang yang sholeh itu pasti dia bahagia, pasti dia selalu sehat, dan pasti wajahnya berseri atau nampak bercahaya. Coba kalian tanya, di malam hari apakah dia melakukan sholat tahajjud atau ibadah lainnya? Kalau dia sering melakukan ibadah-ibadah tersebut, coba kalian pelajari dari mereka. Agar kalian lebih memahaminya.

4. Keraskan tempat tidur anda

Ini bukan berarti untuk meminta kita untuk menjauhi kasur atau tempat tidur atau mengharamkan apa yang telah diberikan oleh Allah Swt.Tapi ini sebagaimana kata Munawi dalam Faidhul Qadir Dia berkata, "Yang terbaik bagi orang-orang yang dikuasai rasa malas dan orang menyenangi kenyamanan dan kemewahan, maka hendaklah ia berlebihan menyamankan tempat tidur, karena itu menyebabkan banyak tidur, lalai dan mengesampingkan tugas-tugas kebaikan.

5. Mengurangi makan

Apabila kita makan malam, janganlah kekenyangan, berdoalah untuk bisa bangun malam dan jangan lupa pasang alarm sebelum tidur. Sufyan Ats Tsauri berbicara kepada para pecinta sahur, dengan bentuk perintah dia berkata, "Makanlah sedikit, maka niscaya kalian akan menguasai sholat malam."

6. Mengetahui fadhilah (keutamaan) dan keistimewaan qiyamullail

Dengan mengetahui keutamaan dan keistimewaan pada sholat ini. Maka kita semakin yakin dan termotivasi untuk berjuang menegakkan  qiyamullail  ini. Dengan kita tau, kita menjadi merasa senang untuk melakukannya, karena merasa keistimewaan nya dan keutamaan nya yang begitu dasyat!

7.Teman kebaikan

Teman kebaikan maksudnya janjian dengan beberapa teman untuk saling membangunkan dengan miscall melalui  telepon atau handphone.Cara ini sesuai dengan perintah Allah swt dalam Surah Thoha ayat 132 yang artinya, "Dan perintahkanlah keluargamu sholat dan bersabarlah kamu mengerjakannya itu."

Cara ini terkadang membuat kita lebih bisa untuk melakukan atau melaksanakan sholat tahajjud ini. Karena dibantu oleh teman maupun saudara kita, apabila saat teman kita menelfon lalu kita masih mengantuk, kita akan terasa segan apabila tidak mengangkat nya. Maka dari itu cara, ini juga termasuk cara yang lebih mudah.

8.Melakukannya secara bertahap

Ini juga merupakan titik  yang tidak kalah penting  dengan yang sebelum-sebelumnya. Janganlah kita menghidupkan semangat sesaat dengan mengatakan, "Saya akan mengerjakan sholat malam setiap harinya!" tetapi itu jadikanlah sebagai semangat yang seimbang dan teratur. Kita haruslah berwaspada akan tipuan setan. 
Semangat yang teratur merupakan pintu gerbang menuju pelaksanaan ibadah yang sukses. Sekarang coba deh, teman-teman mulai dengan perlahan dulu, mulai dari kemaren-kamaren 1 hari terus 1 bulan dan sampai 1 tahun. Insyaallah, yaa teman. Asalkan niat kita ada pasti terlaksana.

Baiklah teman-teman, itulah cara-cara menggapai sholat tahajjud dengan cara ala saya. Mudah bukan teman? Ini tinggal menuju niat dan keinginan dari kalian masing-masing aja. Oke yaa,terima kasih. (*Penulis : Salsabila Dwi Vindi)

Share this :

0 Response to "8 Cara Menggapai Sholat Tahajjud"

Poskan Komentar