5 Cara Orangtua Bantu Anak Belajar di Rumah

5 Cara orangtua bantu anak belajar di rumah – Tidak diragukan lagi akan pentingnya peran orangtua dalam meningkatkan prestasi belajar anak. Waktu anak lebih banyak berada di rumah, termasuk bersama kedua orangtua. Kondisi ini memungkinkan orangtua untuk memantau perkembangan belajar, memberikan dorongan dan membantu anak untuk belajar di rumah.

Dalam hal membantu anak belajar di rumah, banyak cara yang dapat dilakukan orangtua. Ini bukan berarti orangtua harus berperan sebagai guru, menggantikan peran guru di sekolah ketika anak berada di rumah. Apa saja cara yang dapat dilakukan orangtua di rumah?

1.Menciptakan suasana kondusif

Suasana kondusif merupakan kondisi yang diciptakan orangtua agar anak terdorong untuk belajar. Dengan modifikasi suasana nyaman di rumah, anak dapat fokus mengulang pelajaran atau mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru di sekolah.

cara,orangtua,bantu,anak,belajar

Menghentikan untuk sementara kegiatan yang dapat memecah fokus anak menjadi cara penting bagi orangtua. Misalnya ketika anak belajar, hentikan kegiatan menonton siaran televisi atau radio. Begitu pula membunyikan musik atau mengobrol dengan suara keras. Dengan demikian akan tercipta suasana nyaman dan tenang.

2.Menyediakan akomodasi ringan

Ketika anak belajar, apalagi menghadapi ujian semester, alangkah baiknya orangtua menyediakan akomodasi berupa makanan atau minuman ringan untuk menambah semangat anak mengulang pelajaran.

3.Melengkapi fasilitas belajar

Anak akan dapat belajar dengan baik di rumah apabila fasilitas dan sarana belajar mencukupi. Bahan dan sumber belajar anak memenuhi kebutuhan belajar anak. Ini berkaitan erat dengan buku-buku sumber belajar. Buku sumber belajar belum mencukupi dengan hanya mengandalkan buku di sekolah. Akan lebih bagus jika orangtua menambah buku-buku penunjang belajar anak.

4.Mendampingi anak belajar

Cara ini bersifat relatif, tergantung pada kondisi orangtua. Jika orangtua berprofesi sebagai guru atau berkaitan dengan dunia kependidikan, mungkin ada baiknya mendampingi langsung anak ketika mereka belajar. Namun jika tidak memungkinkan, orangtua dapat memantau anak belajar dari jauh.
Baca : Pentingnya Mendampingi Anak Belajar di Rumah

5.Pasokan makanan seimbang

Cara yang tak kalah penting dilakukan orangtua membantu anak belajar di rumah terutama ketika menghadapi ujian adalah mencukupi pasokan menu seimbang buat anak. Menu seimbang tidak mesti yang mahal-mahal, namun yang lebih penting adalah memenuhi unsur gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.
 Simak juga : 5 Tips Agar Anak Betah Belajar di Rumah
Itulah 5 cara orangtua membantu anak belajar di rumah dalam rangka meningkatkan prestasi belajar anak. 

Share this :

0 Response to "5 Cara Orangtua Bantu Anak Belajar di Rumah "

Poskan Komentar