Jangan Lupakan Imunisasi, Bu!

Jangan lupakan imunisasi, bu! - Pada artikel kali ini, kita akan membahas seputar imunisasi. Dengan harapan setelah membaca artikel ini, para ibu khususnya tidak melupakan imunisasi anak.

Apa sih yang dimaksud dengan imunisasi ?
Imunisasi merupakan suatu proses untuk membuat sistem pertahanan tubuh kebal terhadap invasi mikroorganisme atau bakteri dan virus. Bakteri dan virus tersebut dapat menyebabkan infeksi sebelum mikroorganisme memiliki kesempatan untuk menyerang tubuh. Dengan imunisasi, tubuh akan terlindung dari infeksi dan begitu pula orang lain karena tidak tertular.

Mengapa Harus Imunisasi ?
Karena dengan imunisasi dapat mencegah terjadinya penyakit akibat kuman bakteri/virus (infeksi) pada seseorang yang sehat.

jangan lupakan,imunisasi anak

Bagaimana Imunisasi Bekerja Melawan Penyakit?
Imunisasi Bekerja dengan cara merangsang pembentukan antibodi terhadap mikroorganisme tertentu tanpa menyebabkan seseorang sakit terlebih dahulu. Vaksinasi, zat yang digunakan untuk imunitas tubuh,terbuat dari mikroorganisme ataupun bagian dari mikroorganisme penyebab infeksi yang telah dimatikan atau dilemahkan, sehingga tidak akan membuat penderita jatuh sakit. Vaksin dimasukkan kedalam tubuh melalui suntikan.

Sistem pertahanan tubuh kemudian akan bereaksi terhadap vaksin yang telah dimasukkan ke tubuh tersebut sama seperti,apabila mikroorganisme menyerang tubuh dengan cara membentuk antibodi. Antibodi kemudian akan membunuh antibodi akan membunuh vaksin tersebut layaknya membunuh mikroorganisme yang menyerang tubuh. Kemudian antibodi akan terus berada di peredaran darah membentuk imunitas. Ketika suatu saat tubuh diserang oleh mikroorganisme yang sama dengan yang terdapat di dalam vaksin, maka antibodi akan melindungi tubuh dan mencegah terjadinya infeksi.

Apa Saja Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi ?
Terdapat 10 jenis vaksinasi yang dapat mencegah terjadinya infeksi pada anak, yaitu :
1. Polio
2. Campak
3. Gondongan
4. Rubella (campak Jerman)
5. Difteria
6. Tetanus
7. Batuk rejan (pertutis)
8. Meningitis
9. Cacar air
10. Hepatitis B.

Apakah yang Terjadi jika Tidak Imunisasi ?
Secara garis besar terdapat dua kemungkinan yang dapat terjadi apabila tidak imunisasi, antara lain:

1.Jika anak pernah terpapar dengan mikroorganisme penyebab infeksi,maka tidak akan terjadi apa-apa,anak akan tumbuh sehat.

2.Jika anak terpapar dengan mikroorganisme penyebab infeksi, kemungkinan anak akan menderita penyakit atau tidak tergantung bagaimana kekebalan tubuhnya apakah dapat melawan mikroorganisme tersebut atau tidak.

Anak dapat sakit ringan saja dan hanya perlu beristirahat di rumah, ataupun gejalanya cukup berat hingga harus dirawat di rumah sakit, ataupun berakibat fatal hingga menyebabkan kematian.
Baca juga : Dokter kecil dan Usaha Kesehatan sekolah
Selain itu, dengan "membawa" mikroorganisme dalam tubuhnya, ia dapat menularkan penyakit kepada orang lain yang tidak memiliki perlindungan terhadap mikroorganisme tersebut dan pada akhirnya dapat menimbulkan epidemi dengan begitu banyak penderita yang sakit hingga meninggal. (*Penulis : Andini meysi Ullanda)

Share this :

0 Response to "Jangan Lupakan Imunisasi, Bu!"

Poskan Komentar