Makanan Seimbang untuk Pertumbuhan Tubuh

Makanan seimbang untuk pertumbuhan tubuh - Hai sobat, jumpa lagi sama Fauzia. Kali ini aku mau membahas tentang salah satu ciri makhluk hidup, yaitu membutuhkan makanan untuk pertumbuhan. Pertumbuhan pada makhluk hidup ditandai dengan pertambahan tinggi, berat, dan besar tubuh.

Untuk pertumbuhannya, makhluk hidup perlu makan. Sesungguhnya tidak hanya pertumbuhan, namun perkembangan tubuh makhluk hidup/seseorang dapat dipengaruhi oleh makanannya.

1. Fungsi dan Kegunaan Makanan bagi Makhluk hidup

Makanan bagi makhluk hidup berguna untuk:
- Pertumbuhan tubuh.
- Menghasilkan tenaga.
- Mencegah/ melawan penyakit.

2. Syarat Makanan Sehat

Makanan sehat memenuhi syarat sebagai berikut:
-Mengandung zat-zat yang diperlukan tubuh, yaitu karbohidrat, lemak, protein, mineral, air dan vitamin.
-Bersih dari kotoran, racun dan kuman penyakit.
-Telah dicuci.
-Telah dimasak.
-Mengandung gizi yang cukup ( tidak lebih dan tidak kurang).


makanan sehat,menu seimbang

3. Bahan Tambahan

Berdasarkan tujuan penggunaannya ada 3 macam bahan tambahan, yaitu:

a.Bahan pengawet
Bahan pengawet makanan bertujuan agar makanan tahan lama dan tidak lekas busuk atau basi.
b.Bahan penyedap
Bahan penyedap makanan bertujuan untuk memberi dan menguatkan rasa dan aroma tertentu.
c.Bahan pewarna makanan
Bahan pewarna makanan bertujuan untuk membuat warna makanan lebih menarik. Tetapi teman-teman, bahan-bahan tambahan tersebut juga ada ketentuan-ketentuannya loh.  Penggunaan beberapa bahan tambahan buatan secara berlebihan dapat memberikan cita rasa yang tidak enak.

4. Makanan Dari Tumbuhan

Makanan yang berasal dari tumbuhan dikelompokan menjadi 3, yaitu:
a.Kelompok umbi dan biji-bijian, misalnya beras, jagung, singkong dan lainnya.
b.Kelompok sayur-sayuran, misalnya wortel, kubis, bayam dan lainnya.
c.Kelompok buah-buahan, misalnya jeruk, mangga, apel, pepaya, pisang dan lainnya.

5. Kandungan Zat dalam Makanan Bergizi

Makanan yang bergizi adalah makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Berdasarkan fungsinya, berbagai kandungan gizi tersebut dibagi menjadi 3 golongan, yaitu:
1. Zat tenaga, terdiri dari karbohidrat dan lemak.
2. Zat pembangun tubuh, terdiri dari protein dan mineral.
3. Zat pengatur tubuh, terdiri dari mineral, vitamin, dan air.

a. Karbohidrat

Sumber karbohidrat terdapat pada: nasi, roti, sereal, kentang, dan jagung. Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan busung lapar.

b. Lemak

Berdasarkan sumbernya, lemak terbagi dua, yaitu lemak hewani dan lemak nabati. Sumber  lemak hewani antara lain: daging, mentega, dan kuning telur. Adapun sumber lemak nabati diantaranya: alpukat, kacang tanah, dan kelapa. Lemak berfungsi sebagai sumber cadangan energi, melarutkan vitamin A, D, E, K, dan juga berfungsi untuk menghasilkan sel membran untuk melindungi organ dalam tubuh. Kekurangan lemak dapat menyebabkan tubuh sulit untuk menyerap vitamin.

c. Protein

Sama juga dengan lemak, protein juga terbagi menjadi dua, yaitu protein hewani dan protein nabati. Sumber protein hewani terdapat pada : ayam, udang, dan telur. Adapun sumber protein nabati yaitu: tempe, tahu, dan kacang-kacangan. Protein berfungsi untuk mengganti sel-sel yang rusak dan membentuk antibodi. Kekurangan peotein dapat menyebabkan penyakit kwasiorkor.

d. Mineral

Mineral yang dibutuhkan oleh tubuh antara lain:
-Kalsium, terdapat pada: susu, keju, ikan laut. Kalsium berfungsi sebagai pembentukan tulang dan gigi. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan osteoporosis.
-Yodium, terdapat pada: garam. Yodium berfungsi untuk pembentukan hormon tiroksin. Kekurangan yodium dapat menyebabkan penyakit gondok.
- Zat besi, terdapat pada: tempe dan bayam. Zat besi berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan penyakit anemia.

e. Vitamin

Makanan yang bersumber dari tumbuhan dan hewan  merupakan sumber vitamin, antara lain:
- Sumber vitamin A, yaitu: wortel, tomat, hati sapi. Vitamin A berfungsi untuk memelihara kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat menimbulkan rabun senja.

- Sumber vitamin B, yaitu: kacang merah, kacang kedelai, daging sapi. Vitamin B berfungsi untuk menjaga kesehatan saraf. Kekurangan vitamin B dapat menimbulkan penyakit beri-beri.

- Sumber vitamin C, yaitu: buah-buahan segar seperti jeruk, mangga, dan sebagainya. Vitamin C berfungsi untuk membantu proses penyembuhan /mencegah sariawan. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sariawan.

- Sumber vitamin D, yaitu: minyak ikan, kuning telur. Vitamin D berfungsi sebagai pengerasan tulang dan gigi. Kekurangan vitamin D dapat menimbulkan penyakit rakitis.

- Sumber vitamin E, yaitu: nasi merah, tauge, daging sapi. Vitamin E berfungsi untuk mencegah kemandulan. Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan sulit memiliki keturunan.

- Sumber vitamin K, yaitu: brokoli, kembang kol. Vitamin K berfungsi untuk membantu pembekuan darah. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan pendarahan.

6. Empat Sehat Lima Sempurna

Menu makanan yang mengandung gizi yang cukup, disebut 4 sehat 5 sempurna. Adapun yang termasuk menu 4 sehat 5 sempurna antara lain:
- Menu 4 sehat.
  1. Nasi.
  2. Lauk-pauk.
  3. Sayur-sayuran.
  4. Buah-buahan.
- Menu 5 sempurna.
  1. Nasi
  2. Lauk-pauk.
  3.  Sayur- sayuran.
  4. Buah-buahan.
  5. Susu.
Nah teman-teman, itulah beberapa rincian tntang makanan dan unsur-unsur penyusunnya untuk pertumbuhan tubuh. Sampai disini dulu semoga dapat menambah pengetahuan  kita semua. Semoga bermanfaat dan terima kasih. (*Penulis: Fauzia)

Share this :

0 Response to "Makanan Seimbang untuk Pertumbuhan Tubuh"

Poskan Komentar