Menentukan Tema dan Pesan Syair

Menentukan tema dan pesan syair - Hai sobat kawula muda, tau gak apa itu syair? Kalau ada yang tau, maka sobat perlu kali memperdalam pengetahuan tentang syair itu. Tapi kalau belum tau maka harus membaca artikel dibawah ini!

Syair merupakan karya sastra berupa puisi lama yang terikat oleh baris, bait, sajak atau rima, isi, dan pilihan kata. Syair berasal dari bahasa Arab yaitu dari sya'ara yang artinya menembang dan sya'uru berarti tembang.

Pembacaan syair termasuk salah satu kesenian tradisional Nusantara. Pada abad ke-18 sampai awal abad ke-19, kesenian ini berkembang pesat di wilayah Sumatra, selain sebagai hiburan, pembacaan syair dimaksudkan sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan nasehat.

tema,pesan syair

Syair mempunyai ciri-ciri sebagai berikut!

1. Syair bait terdiri dari empat baris dan semua bagiannya adalah isi.
2. Setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata.
3. Bersajak a-a-a-a.
4. Hubungan antar bait sangat erat dan logis.
5. Isinya berupa nasehat, cerita, dongeng, lukisan peristiwa, pengajaran, mistik dan lain-lain.

Syair terdiri dari beberapa unsur yaitu, unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik syair terdiri dari hakikat syair dan struktur bentuk syair.

Hakikat syair adalah hal-hal yang diungkapkan penyair dalam syair. Hakikat syair disebut juga isi syair. Hakikat syair terdiri dari tema perasaan dan amanat atau pesan.

1. Tema/Sense
Tema adalah Gagasan pokok yang dikemukakan oleh penyair melalui syairnya. Tema syair sangat mudah ditemukan karena tersurat dalam syair.

2. Prasaan/Feeling
Syair mengungkapkan perasaan penyair yang dapat berupa sikap, pandangan, perbuatan, atau watak khusus.

3. Nada/Tone
Nada mengungkapkan sikap penyair terhadap pembac. Sebuah syair dapat bernada sinis, protes, menggurui, mengimbau (menyuruh), dan sebagainya.

4. Amanat atau Pesan
Amanat atau pesan merupakan kesan yang ditangkap pembaca setelah membaca syair. Amanat ditentukan sendiri oleh pembaca berdasarkan cara pandang pembaca terhadap suatu karya sastra. Amanat berkaitan dengan tema yang dikemukakan penyair.
Baca juga : Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya kemukakan. Sekian terima kasih! (*Penulis: Firman Saputra)

Share this :

0 Response to "Menentukan Tema dan Pesan Syair"

Poskan Komentar