Mengenal Berbagai Planet dalam Tata Surya

Mengenal berbagai planet dalam tata surya - Teman-teman, ada yang tahu "planet", nggak? Atau pernah nggak, mendengar kata "planet"? Apa ya? Planet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan lintasan tertentu dan bergaris tengah lebih besar dari 4.000 KM.

Planet memantulkan cahaya yang diterima dari matahari. Itu salah satu ciri planet. Nah, teman-teman tahu nggak? Ada berapa jumlah planet dalam tata surya? Dalam tata surya ada 9 planet, di antaranya yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.

Namun pertengahan tahun 2006 lalu, pluto dianggap bukanlah sebuah planet karena sifatnya tidak memenuhi kriteria sebuah planet. Oleh sebab itu saat ini planet dalam tata Surya ada 8 planet. Oke teman, untuk lebih jelasnya, mari kita simak uraian di bawah ini:

mengenal,tata surya,planet-planet

1. Merkurius

Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari. Karena letaknya paling dekat dengan matahari, pada permukaan planet ini banyak terdapat kawah yang besar, seperti permukaan bulan.

2. Venus

Venus merupakan planet putih yang bercahaya terang, nampak indah dan cemerlang. Planet ini akan terlihat menjelang matahari terbit atau beberapa saat sesudah matahari terbenam. Orang sering menyebut venus dengan bintang fajar atau bintang timur ataupun bintang kejora.

3. Bumi

Bumi merupakan satu-satunya planet di tata surya yang ada kehidupannya. Nah sobat, di sinilah tempat kita tinggal,yaitu di planet bumi. Bumi memiliki lapisan udara atau atmosfer. Kandungan atmosfer terdiri dari gas, yaitu oksigen ( zat asam ) dan nitrogen (zat lemas). Atmosfer berguna untuk melindungi Bumi dari sinar radiasi matahari yang membahayakan benda-benda langit yang tertarik oleh gaya gravitasi bumi.

Dengan adanya lapisan atmosfer, suhu di bumi pada siang hari tidak terlalu panas dan pada malam hari tidak terlalu dingin. Sobat, bumi juga mempunyai satelit, lho. Tahu nggak, apa satelit bumi ? Ya, satelit bumi  adalah bulan. Jadi, Bumi hanya mempunyai satu satelit yaitu bulan.

4. Mars

Planet ini tampak kemerah-merahan. Permukaan mars sangat kering. Mars mempunyai lapisan atmosfer yang tipis. Mars mempunyai dua buah satelit satelit, yaitu demos dan fobos.

5. Yupiter

Teman-teman, kalau ada yang nanyain "Apa planet terbesar dalam tatasurya?". Teman-teman jawab apa? Ya, Yupiterlah jawabannya. Yupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya. Atmosfernya banyak mengandung gas hidrogen dan helium. Yupiter memiliki 16 satelit.

6. Saturnus

Saturnus merupakan planet terbesar kedua dalam tata surya setelah planet yupiter. Saturnus mempunyai keistimewaan, yaitu planet ini dikelilingi suatu sistem cincin raksasa yang terdiri dari debu-debu dan partikel kecil. Nah, kalau ada teman-teman yang pernah mendengar kata " planet cincin", ya itulah planet saturnus.

7. Uranus

Uranus merupakan planet sesudah saturnus. Permukaan uranus selalu diliputi awan tebal. Uranus memiliki 5 buah satelit.

8. Neptunus

Jika dilihat menggunakan teleskop, neptunus tampak berwarna kehijau-hijauan. Neptunus mempunyai 2 satelit, yaitu triton dan nereid.

Nah, gimana teman? Sungguh menakjubkan 8 planet dalam tata surya tersebut. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Sekian dari saya, dan terima kasih. (*Penulis: Fauzia)

Share this :

0 Response to "Mengenal Berbagai Planet dalam Tata Surya"

Poskan Komentar