Mengenal Semut Rangrang Atau Karanggan

Mengenal Semut Rangrang atau karanggan - Semut rangrang atau ‘karanggan’ merupakan salah satu jenis serangga yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Semut ini sering kita jumpai di pagar atau berbagai pohon, seperti pohon rambutan, pohon jambu, pohon mangga, dan berbagai pohon lainnya.

Ngomong-ngomong soal serangga, sobat udah tau gak apa itu serangga? Serangga itu binatang yang ukurannya kecil, ya? Serangga memang memiliki ukuran yang kecil, tapi untuk lebih jelasnya yaitu, serangga merupakan salah satu hewan avertebrata (tidak bertulang belakang) yang termasuk dalam kelas insecta. Serangga memiliki tiga bagian utama, yaitu kepala, dada, dan perut.

mengenal hewan,serangga,semut,rangrang

Sama halnya dengan semut rangrang, semut ini juga memiliki tiga bagian utama, yaitu kepala, dada, dan perut. Semut rangrang berwarna merah kecoklatan dan memiliki tipe mulut penggigit. Semut ini jika diletakkan di tubuh kita, ia bisa menggigit, tidak terlalu sakit, dan setelah itu bisa menimbulkan rasa gatal.

Semut ini memakan sisa-sisa makanan, tulang ayam, tulang ikan, dan berbagai tulang lainnya. Mereka memakannya tidak secara sendirian, tapi mereka akan bersama-sama memakannya, karena semut rangrang juga termasuk hewan yang memiliki sifat kekeluargaan yang tinggi.
Simak juga: Semut Ini Terekam Kamera Ponsel Saat Gotong Makanan
Semut rangrang merupakan semut yang pandai dalam membuat sarang. Mereka membuat sarang di atas pohon rambutan, jambu, dan lain lain, dengan menggunakan dedaunan yang masih hidup. Mereka menganyam dan membuat sarang sedemikian rupa sehingga aman dari terpaan angin.

Di daerah saya, sarang semut rangrang menjadi incaran banyak orang. Mereka mencari-cari sarang semut rangrang untuk diambil telurnya kemudian dijual atau dijadikan umpan untuk mancing ikan. Cara mengambilnya yaitu dengan mengikatkan ember di ujung bambu, kemudian bambu itu digunakan untuk merusak sarang semut rangrang tersebut. Semut dan telurnya akan jatuh dan masuk ke dalam ember tadi.
Sekian uraian singkat tentang semut rangrang, semoga bermanfaat, terima kasih. (*Penulis: Difo Faizi Pratama)

Share this :

0 Response to "Mengenal Semut Rangrang Atau Karanggan"

Poskan Komentar