Mengenal Struktur Organisasi Garis

Mengenal struktur organisasi garis - Pada dasarnya struktur organisasi merupakan mekanisme kerja dalam sebuah instansi. Salah satunya instansi pendidikan/sekolah, karena struktur organisasi memperlihatkan tugas, wewenang dan tanggung jawab dari masing- masing bagian yang ada dalam sebuah instansi.

#Pengertian Organisasi

Organisasi adalah suatu badan atau tempat bagian orang–orang untuk melakukan kegiatan sehingga tercapai tujuan bersama. Pada setiap instansi/perkantoran diperlukan struktur organisasi yang baik dan mengkoordinasi setiap pekerjaan.

Pelaksanaan kerja sesuai dengan struktur organisasi, dalam bentuk organisasi ini dapat diartikan sebagai suatu wadah atau tempat bagi orang–orang untuk melakukan kegiatan supaya tujuan bersama dapat tercapai. Tujuan disini dimaksud kepada keuntungan membuat organisasi maupun kesejahteraan.

mengenal,struktur,organisasi garis

#Pengertian Struktur Organisasi

Struktur organisasi adalah kerangka yang memperlibatkan sejumlah tugas–tugas dan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi, dimana hubungan antar fungsi serta wewenang dan tanggung jawab diperlibatkan.

#Bentuk Struktur Organisasi Garis

Organisasi merupakan suatu wadah dan tempat bagi orang-orang untuk melaksanakan  kegiatan demi mencapai tujuan bersama, maka dari itu struktur organisasi yang dipakai sampai sekarang ada 4 organisasi. Namun salah satunya menjadi pokok pembahasan kali ini yaitu organisasi garis.

Organisasi garis adalah suatu bentuk organisasi yang tertua dan sering digunakan didalam kemiliteran sehinggga organisai ini disebut sebagai organisasi militer.

Ciri – ciri organisasi garis yaitu :
-        Organisasinya masih kecil.
-        Tujuannya sangat sederhana
-        Masing-masing karyawan saling mengenal.
-        Hubungan antara atasan dengan bawahan bisa secara langsung.
-        Tingkat spesialisasi dan alat yang digunakan sederhana.

Kelebihan organisasi garis yaitu :
-        Adanya kesatuan perintah yang terjamin
-        Garis pimpinan berjalan tegas
-        Proses pengambilan keputusan cepat
-        Solidaritas karyawan umumnya tinggi sekali

Kekurangan organisasi garis yaitu:
-        Organisasi tergantung pada tiga orang
-        Perkembangan organisasi terbatas
-        Adanya kecenderungan atasan bersifat otoriter

Simak juga: Struktur Belajar Kelompok Siswa
Demikian pembahasan mengenai salah satu bentuk struktur organisasi yang ada, yaitu struktur organisasi garis. (*Penulis: Hadi Rahim)

Share this :

0 Response to "Mengenal Struktur Organisasi Garis"

Poskan Komentar