Menghargai Jasa Pahlawan dengan Semangat Kerja yang Tinggi

Menghargai jasa pahlawan dengan semangat kerja yang tinggi – Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Ungkapan ini sudah sangat familiar di telinga kita. Namun demikian, tidak berarti banyak jika tidak didalami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara Indonesia yang baik.

Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan setiap tahunnya. Dari aspek peristiwa atau sejarah, anak sekolah dan para pendidik serta masyarakat Indonesia pada umumnya sudah mengetahuinya. Baik melalui guru sejarah maupun informasi media massa cetak, elektronika dan jaringan.
Oleh sebab itu, pembahasan kali ini lebih berorientasi pada bagaiamana sikap dan tindakan sebagai warga negara dalam menghargai jasa pahlawan yang sudah gugur di medan perang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

semangat pejuang,semangat kerja,pendidikan

Salah satu nilai kejuangan para pahlawan bangsa adalah semangat untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Nilai semangat kejuangan tersebut dapat dijadikan landasan filosofi yang kuat dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang.

Pahlawan bangsa telah berjuang dengan penuh semangat dan motivasi tinggi untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Semangat dan motivasi ini diterapkan oleh setiap warga negara dalam kehidupan sehari-hari.

Profesi dan jabatan setiap warga negara boleh beraneka ragam. Aktivitas yang dilakukan sehari-hari bisa saja berbeda-beda. Namun satu hal yang penting adalah bagaimana setiap warga negara memelihara semangat dalam melaksanakan aktivitas rutin tersebut.

#Pelajar

Pelajar di lembaga sekolah perlu memiliki semangat yang tinggi dalam belajar. Dengan demikian para pelajar akan memperoleh prestasi belajar yang memuaskan dan membanggakan orangtua.

#Pendidik

Para pendidik perlu memiliki semangat dan etos kerja yang tinggi untuk mencerdaskan anak bangsa. Dengan memelihara semangat yang tinggi, para pendidik tidak akan mengeluh dengan segala hambatan dan tantangan dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Akan melewati hambatan dalam menghadapi sikap dan tingkah laku peserta didik yang semakin agresif. Begitu pula menghadapi berbagai tuntutan atasan yang sangat banyak berkaitan dengan tugas guru sebagai pendidik profesional.

#Orangtua siswa

Para orangtua memiliki semangat yang menyala dalam mendorong anak belajar di rumah. Memenuhi berbagai kebutuhan dan keperluan anak sekolah. Tidak menyerah kepada situasi dan kondisi ekonomi keluarga yang semakin menurun. Yang diutamakan adalah semangat untuk melanjutkan pendidikan anak sampai ke jenjang yang setingi-tingginya.

#Pengelola pendidikan

Bagi pengelola pendidikan, semangat kejuangan para pahlawan tidak hanya untuk menerbitkan atau mengeluarkan berbagai instrumen peraturan dan kebijakan. Justru yang diperlukan adalah semangat untuk memberdayakan segenap potensi yang dimiliki oleh unsur yang terkait dengan pendidikan. Dengan demikian diharapkan akan terwujud pendidikan yang berkualitas.
Dirgahayu Hari Pahlawan 10 November 2016.

Share this :

0 Response to "Menghargai Jasa Pahlawan dengan Semangat Kerja yang Tinggi"

Poskan Komentar