Otak Sebagai Alat Pengendali Tubuh

Otak sebagai alat pengendali tubuh - Otak merupakan pusat koordinasi tubuh yang terletak di dalam rongga tengkorak. Pertumbuhan otak lebih baik daripada pertumbuhan sumsum tulang belakang. Perbandingan berat otak dan sumsum tulang belakang berkaitan dengan kecerdasan. Semakin besar nilai perbandingannya, maka tinggi tingkat kecerdasannya.

Apa fungsi sumsum tulang belakang?

Sumsum tulang belakang berfungsi sebagai penghubung impuls dari dan ke otak serta memberikan jalan terpendek untuk bergerak refleks.

Bagian-bagian otak dan Fungsinya

1.Otak bagian samping merupakan pusat pengendali pendengaran. Kerusakan bagian kanan dan kiri mengakibatkan tuli. Kerusakan di bagian kanan atau kiri saja membuat kemampuan mendengar berkurang.

fungsi otak,penegndali,tubuh

2.Otak bagian tengah merupakan pusat pengaturan kulit dan otot yang berhubungan dengan rangsang kecerdasan,ingatan,kemauan,dan sikap. Kerusakan pada bagian ini akan mengakibatkan hilangnya daya ingat dan hilangnya sebagian kemampuan berbicara.

3.Otak bagian belakang merupakan pusat pengendali penglihatan. Kerusakan pada bagian ini akan menimbulkan gangguan penglihatan.
Baca juga: Bagian Otak Manusia dan Fungsinya
Selain 3 bagian tersebut, pada bagian dpan otak berfungsi sebagai pusat kemampuan berbicara, perasa, penciuman.

Kenapa ketika demam,ibu menyentuh dahi?

Untuk memeriksa seseorang terserang demam atau tidak, sering kali seorang ibu menyentuh ubun-ubun atau dahi. Hal ini karena bagian tersebut merupakan pusat rasa dingin, panas dan sakit.

Saat berfikir, kenapa sering menyentuh dahi?

Pernah atau tidak mengalami hal seperti ini? Saat berfikir keras tanpa sengaja kita memegang dahi? Kenapa hal ini bisa terjadi? Hal ini disebabkan karena daerah dahi berkaitan dengan kemampuan berfikir.

Bagaimana sahabat, sudah terjawab pertanyaan yang sering muncul di benak kita? Wah, ternyata hal yang kita anggap kecil atau tidak ada apa-apanya itu memiliki penjelasan dan ilmu yang penting, bukan? Semoga bermanfaat ya. (*Penulis : Andini Meysi Ullanda)

Share this :

0 Response to "Otak Sebagai Alat Pengendali Tubuh"

Poskan Komentar