5 Penyebab Siswa Kurang Fokus dalam Belajar

5 Penyebab siswa kurang fokus dalam belajar - Dalam belajar, konsentrasi merupakan hal yang diutamakan. Konsentrasi sangat penting dalam belajar, karena ini menyangkut dengan kemampuan siswa untuk menangkap pelajaran yang diberikan guru. Bukan hanya itu, konsentrasi juga berpengaruh terhadap keaktifan siswa dalam belajar.

Ngomong-ngomong soal konsentrasi nih sob, kalian udah tau gak apa yang dimaksud dengan konsentrasi? Konsentrasi adalah fokus terhadap apa yang sedang dikerjakan, atau dapat juga diartikan sebagai fikiran yang tidak bercabang. Lalu, konsentrasi dalam belajar itu apa sih? Konsentrasi dalam belajar yaitu fikiran yang fokus dan serius dalam belajar, baik itu fokus terhadap apa yang guru sampaikan, maupun fokus terhadap pendapat yang diberikan teman.

Kebanyakan siswa sekarang tidak konsentrasi atau fokus dalam belajar, itulah yang menyebabkan lahirnya generasi yang tidak mau tahu dengan pelajaran. Mungkin hanya beberapa orang yang konsentrasi dalam belajar, itu karena jasmani dan rohaninya seiring sejalan. Sedangkan orang yang jasmani dan rohaninya saling bertolak belakang, akan menyebabkan kurangnya konsentrasi dalam belajar.


penyebab, siswa,kurang konsentrasi,belajar

Baiklah teman-teman, untuk mengetahui hal-hal yang menyebabkan kurangnya konsentrasi siswa dalam belajar, silahkan ikuti uraian berikut ini.

1. Tidak sarapan pagi

Ini merupakan hal yang mutlak, sarapan pagi sangat berpengaruh terhadap konsentrasi siswa. Orang yang selalu sarapan pagi, baik itu di rumah maupun di sekolah, ia akan konsentrasi dalam belajar, walaupun sedikit yang penting perut kita sudah terisi. Sebaliknya, orang yang tidak sarapan pagi tentu konsentrasinya dalam belajar akan berkurang. Dengan sarapan pagi, berarti kita telah mengonsumsi karbohidrat sehingga kita memiliki energi dan tidak lesu dalam belajar.

2. Pengaruh dari HP

Di zaman sekarang, hampir setiap orang memiliki HP yang canggih-canggih, seperti Android, iOS, ataupun PC. Mulai dari orang dewasa, anak SMP dan SMA, bahkan anak SD saja ada yang sudah punya HP. Dari segi penggunaan hp, tentu ada dampak positif dan negatifnya. Di dalam HP, kita bisa mengakses internet dan bermain game, 2 kegiatan itu akan membuat kita kecanduan sehingga akan terus kepikiran dalam belajar. Akhirnya konsentrasi kita berkurang.
Perlu juga disimak: Larangan Membawa Ponsel ke Sekolah

3. Keluarga yang broken home

keluarga yang broken home itu yaitu keluarga yang memiliki suatu masalah dalam berumah tangga, yang bermasalah ialah ibu dan ayah, bukan kita. Jika ibu dan ayah selalu bertengkar, tentu saja perhatiannya terhadap kita akan berkurang. Akibatnya, kita merasa terasing dan selalu terfikir dengan masalah mereka. Solusinya yaitu, kita berusaha untuk menyatukan mereka kembali, berdoa kepada Allah SWT, dan kalau perlu, ceritakan dan minta saran dari sahabat yang dianggap paling dipercaya.

4. Kurang tidur

Kurang tidur jelas memengaruhi konsentrasi siswa dalam belajar. Orang yang kurang tidur, tentu ia akan mengantuk saat guru memberikan pelajaran. Jika kita mengantuk, mana mungkin kita dapat menangkap pelajaran yang diberikan guru dengan baik. Orang yang kurang tidur, mungkin karena begadang, nonton TV sampai larut malam, main hp sampai larut malam, dan lain sebagainya.

5. Pengaruh dari cuaca

Cuaca yang panas akan membuat kita gerah dan kurang nyaman. Kadang, ada siswa yang berkipas-kipas dengan buku, tentu saja ini akan mengurangi konsentrasi siswa dalam belajar.
Simak juga : Gangguan Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa
Itulah beberapa hal yang menyebabkan kurangnya konsentrasi siswa dalam belajar. Masih banyak hal-hal lain yang tidak dapat diuraikan satu-persatu. Sekian dari saya, semoga bermanfaat, terima kasih. (*Penulis : Difo faizi Pratama)

Share this :

0 Response to "5 Penyebab Siswa Kurang Fokus dalam Belajar"

Poskan Komentar