Mengenal Tata Tertib Siswa di Sekolah

Mengenal tata tertib siswa di sekolah - Kita hidup ditengah masyarakat. Ada aturan yang mengatur kehidupan bermasyarakat. Setiap peraturan harus di taati dan dipatuhi oleh semua warga masyarakat tersebut. Dengan demikian hidup bermasyarakat menjadi tertib, disiplin dan aman sentosa.

Tidak hanya di lingkungan masyarakat, di lembaga sekolah juga ada aturan yang harus dipatuhi. Peraturan itu disebut sebagai tata tertib sekolah. Warga sekolah harus mematuhi tata tertib sekolah tersebut. Warga sekolah disini, antara lain murid, pendidik dan tenaga kependidikan.

Tata tertib sekolah harus dipatuhi oleh semua kalangan yang ada dilingkungan sekolah tersebut, supaya kegiatan PBM (proses belajar mengajar) berjalan dengan lancar tertib dan aman. Siapa yang melanggar tata tertib sekolah akan dikenakan hukuman/sanksi yang berlaku menurut ketentuan kebijakan sekolah.

tata tertib,siswa,sekolah

Ada pula tata tertib yang berlaku untuk peserta didik. Ini dinamakan tata tertib siswa di sekolah. Tata tertib ini memuat kewajiban dan larangan bagi siswa di sekolah. Berikut adalah contoh keharusan atau kewajiban siswa di sekolah;
Baca juga : Contoh Tata Terib Kelas

   a. Masuk tepat pukul 07.00 Siswa-siswi harus tiba disekolah lima belas menit sebelum jam pelajaran dimulai.
    b. Setiap murid harus memakai pakaian seragam sekolah. Tahu kah kamu apa warna seragam SMP... kamuuu... iya, kamu...? Yappss. Betul, baju warna putih, celana atau rok warna dongker atau yang lebih akarab kita bilang warna biru tua.
    c.  Setiap siswa harus melakukan k3.

Selain kewajiban atau keharusan, tata tertib siswa di sekolah juga memuat berbagai larangan bagi siswa antara lain :

   a.   Setiap siswa harus berpakaian rapi dan tidak boleh memakai perhiasan yang                       berlebihan, seperti: gelang emas, kalung, gelang kaki, dll
   b.   Setiap murid dilarang meninggalkan ruang kelas tanpa izin guru
   c.    Setiap siswa tidak boleh mencat rambut atau menskin bagi siswa laki-laki
   d.   Tidak boleh merokok, minum alkohol, tuak atau minuman yang memabukan, dll
   e.   Tidak boleh memanjangkan kuku
   f.     Tidak boleh mencat/mengutek kuku
   g.    Tidak boleh berjudi
   h.   Tidak boleh memakai obat-obatan terlarang
   i.     Harus mematuhi setiap peraturan dan ketentuan yang berlaku di sekolah
Nah, tata tertib sekolah maupun tata tertib khusus untuk siswa merupakan peraturan yang harus dipatuhi oleh seluruh warga sekolah, agar terciptanya lingkungan yang tertib damai dan aman. Semoga dengan menjaga ketertiban dan kedisiplinan dapat mengantarkan kita semua ke jenjang kesuksesan, menjadi pemimpin bangsa dan agama yang menjadi panutan bagi semua elemen yang ada di negeri ini. Wassalam. (*Penulis: Hadi Rahim)

Share this :

0 Response to "Mengenal Tata Tertib Siswa di Sekolah"

Poskan Komentar