Tips Sehat Dan Bugar di Setiap Usia

Tips sehat dan bugar di setiap usia - Kita semua tahu bahwa tubuh mengalami banyak perubahan seiring dengan bertambahnya usia. Perubahan itu terjadi akibat perubahan gaya hidup, diet dan juga perubahan tingkat metabolisme. Sebenarnya apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh di usia 20,30 dan 40 agar tetap sehat dan bugar?

Usia 20-an

Usia 20-an merupakan usia yang memiliki tingkat metabolisme tertinggi, dimana mereka akan memasuki kehidupan dewasa. Masa dimana seseorang mulai memasuki kerja dengan kemungkinan lebih banyak menghabiskan waktu di belakang meja, sehingga tubuh pun mulai kehilangan banyak masa otot. Itu berakibat pada menurunnya metabolisme karena otot membakar kalori 3-4 kali lebih cepat dibandingkan lemak.

Menurut sebuah penelitian, kesalahan umum yang paling banyak dilakukan adalah pola makan tanpa berolahraga. Hal tersebut hanya akan memperlambat tingkat metabolisme sehingga penting juga untuk mengonsumsi banyak kalsium untuk membantu tubuh menjadi lebih bugar.
tips,cara,info,sehat,bugar


Kita disarankan untuk mengonsumsi sedikitnya 1000 mg kalsium per hari, idealnya berasal dari makanan seperti susu dan yoghurt disamping berolahraga sedikitnya tiga kali seminggu selama 30 menit.

Usia 30-an

Pada usia ini, olahraga tidaklah menjadi prioritas utama, terutama pada wanita, karena sebagian besar wanita diusia ini mengurus pekerjaan ataupun bayinya. Padahal jika kita tidak berolahraga secara teratur akan dapat mengakibatkan kehilangan sekitar satu kilogram massa otot setiap tahun yang akan diubah menjadi lemak.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu meningkatkan metabolisme sekitar 80-150 kalori per hari. Pola makan kaya protein juga dapat meningkatkan tenaga untuk pembakaran kalori.

Usia 40-an

Pada usia ini, metabolisme mulai sedikit menurun dan kekuatan alami menghilang jika tidak menjaganya mulai pada usia 30-an. Namun, jangan berkecil hati karena dapat meningkatkan metabolisme di usia berapapun.
Baca juga: Tips Ampuh Agar Siswa Tetap Sehat dan Belajar Bersemangat
Agar tetap bugar diusia 40-an, tubuh membutuhkan kurang dari 120 kalori per hari untuk menjaga berat badan dibandingkan ketika berumur 20-an. Tingkat aktivitas mulai menurun pada tingkat ini, jadi cobalah untuk lebih sering jalan kaki. Selain itu, yakinlah untuk tetap mengonsumsi protein yang tidak berlemak, buah-buahan dan sayuran, serta olahraga untuk mempercepat tingkat metabolisme. (*Penulis: Andini Meysi Ullanda)

Share this :

0 Response to "Tips Sehat Dan Bugar di Setiap Usia"

Poskan Komentar