Warung Sekolah Sehat dan Higienis

Warung sekolah sehat dan higienis - Hai semua, pasti Sobat sudah tidak asing lagi dengan kata warung sekolah atau biasa disebut dengan kantin. Kantin sekolah adalah tempat transaksi jual-beli antara penjual dengan pembeli yang terbatas, yaitu siswa dan guru.

Setiap sekolah pasti mempunyai kantin. Paling sedikit ada satu kantin di sekolah tersebut. Namun pada umumnya jarang suatu sekolah memiliki satu kanting. Karena banyaknya siswa yang ingin jajan, pasti pihak sekolah maupun masyarakat sekitar membangun kantin yang baru di dalam maupun di luar lokasi sekolah.

Berdasar pengelolanya, di sekolah ada jenis kantin atau warung sekolah, yaitu:

1.Warung sekolah yang dikelola oleh sekolah atau guru atau orangtua murid.
2.Warung sekolah yang dikelola oleh warga lingkungan sekolah, misalnya penjaga sekolah.
3.Warung sekolah yang dikelola oleh warga diluar sekolah, yaitu penjual makanan atau minuman keliling.


Keterlibatan guru, siswa dan warga sekolah lainnya, umumnya melalui koperasi siswa (Kopsis). Kantin atau warung Koperasi Siswa menerapkan konsep dari siswa, oleh siswa dan untuk siswa. Jika warung ini berkembang justru siswa mendapat keuntungan yang dapat digunakan oleh siswa dalam melakukan kegiatan OSIS.

Semua jenis warung/kantin sekolah harus mendapatkan perhatian dari pihak sekolah dan dokter kecil dalam pengawasannya. Berdasarkan pengamatan didapatkan hal-hal sebagai berikut.
Simak : Dokter Kecil dan Usaha Kesehatan sekolah
-Makanan dan minuman yang dijual di lingkungan sekolah pada umumnya belum terjamin kebersihannya, tidak dilindungi terhadap lalat, debu dan makanan/minuman telah beberapa kali dipegang oleh pembeli yang lain.
-Kebanyakan jenis makanan/minuman atau jajanan pada umumnya kurang bermanfaat ditinjau dari segi gizi anak.        
Baca juga: 3 Manfaat Utama Siswa Membawa Bekal ke Sekolah
Di sisi lain, sebagian kecil siswa yang nakal manjadikan kantin sebagai tempat bermain ataupun tempat merokok ataupun tempat bersembunyi bagi yang lagi bolos.

Berdasarkan uraian di atas, perlu adanya pemahaman dan kesepakatan tentang persyaratan bagi penjual makanan dan minuman di kantin atau penjual keliling, minimal memenuhi syarat higienes. Dan adapun persyaratan lainnya ialah sebagai berikut.

1.Pedagang harus berjualan di sekitar tempat yang terjamin kebersihannya, tidak di dekat jamban, selokan yang kotor, pinggir jalan raya yang padat, tempat pembuangan sampah dan tidak berdebu.
2.Disediakan bak sampah yang mempunyai tutup untuk menghindari lalat dan bila penuh dibuang ketempat sampah yang lebih besar.
3.Air kotor bekas cucian supaya dibuang kedalam saluran pembuangan air umum.
4.Makkanan yang terjual harus tertutup dan disediakan alat untuk mengambil makanan sehingga tidak dipegang-pegang.
5. Disediakan lap untuk peralatan dan lap untuk tangan.
Jangan lupa baca : Peranan Kafe Sekolah terhadap Proses Pendidikan

Itulah sekilas tentang pembahasan warung sekolah atau kantin. (*Penulis : Firman Saputra)

Share this :

0 Response to "Warung Sekolah Sehat dan Higienis"

Poskan Komentar