6 Bagian Bunga Serta Fungsinya

6 Bagian Bunga Serta Fungsinya

banner
6 Bagian bunga serta fungsinya - Bunga adalah bentuk khas yang dimiliki oleh kebanyakan tumbuhan. Bunga merupakan sepotong batang atau cabang pendek dengan beberapa kumpulan daun khusus. Beberapa di antara daun-daun ini mungkin menyerupai daun biasa, tetapi yang lain berbeda sekali dalam susunannya, sehingga sukar untuk dinamakan daun.

Dengan demikian, jelaslah bagi kita bahwa bunga merupakan salah satu bagian dari tubuh tumbuhan. Namun, bunga ini bukan merupakan bagian pokok dari tumbuhan. Karena bagian pokok tumbuhan hanya ada 3 macam, yaitu akar, batang, dan daun. Sedangkan bunga merupakan penjelmaan dari salah satu kombinasi dari ketiga bagian pokok tadi.

Bunga memiliki beberapa bagian. Apa apa sajakah itu? Ikuti ulasan berikut.

bunga,bagian bunga,tumbuhan

1. Daun kelopak

Daun kelopak merupakan bagian bunga paling luar yang terletak di bawah bunga. Daun kelopak berfungsi sebagai pelindung ketika bunga masih kuncup. Bentuknya menyerupai daun dan berwarna hijau, seperti pada bunga pukul empat. Tetapi ada beberapa jenis bunga yang daun kelopaknya berwarna sangat menarik, misalnya daun kelopak pada bunga asam.

2. Mahkota

Mahkota merupakan bagian bunga yang letaknya di bagian dalam daun kelopak. Warnanya sangat indah dan menarik, warna pada mahkota berfungsi untuk menarik serangga atau hewan lainnya sebagai penyerbuk dan penyebar biji.

3. Tepal

Tepal merupakan bagian bunga yang sangat sulit dibedakan, apakah itu daun kelopak atau mahkota, karena susunannya yang menyatu dan bentuknya yang sama. Biasanya tepal berwarna sangat indah dan menarik.

4. Benang sari

Benang sari terdiri atas tangkai sari yang ramping dan kepala sari yang menggelembung. Kepala sari terdiri atas dua bagian yang masing-masing mengandung 2 kamar berisi tepung dari. Setelah tepung sari ini matang, kepala sari akan robek dan tepung Sari pun keluar dan siap membuahi putik.

5. Putik

Putik menghasilkan biji pada buah. Umumnya, bunga hanya mempunyai satu putik, tetapi banyak juga bunga yang mempunyai dua atau tiga putik. Biasanya putik terdiri atas tiga bagian, yaitu bakal buah, tangkai putik, dan kepala putik. Bakal buah yang menggelembung merupakan bagian bawah putik. Bakal buah yang berisi banyak bakal biji di atasnya terdapat tangkai putik yang ramping dan kepala putik terletak di ujung tangkai putik ini.

6. Madu

Bagian bunga yang lainnya yaitu madu. Madu merupakan cairan manis yang disukai beberapa serangga atau hewan. Madu dihasilkan beberapa bunga pada bagian khusus yang disebut nectarium. Nectarium terletak di dasar mahkota, tetapi sering juga terletak sebagai jaringan cincin di dasar bakal buah.
Baca : Mawar Merah Ketiga
Kemungkinan nectarium itu merupakan reduksi atau modifikasi lingkaran benang sari. Nectarium biasanya berkembang untuk menarik para penyerbuk. Pada bunga yang penyerbukannya bergantung pada angin pun bagian ini tetap berkembang.
Itulah beberapa bagian bunga serta fungsinya. Semoga bermanfaat, terimakasih. (*Penulis : Difo Faizi Pratama)

Advertisement banner
banner

Your Reactions:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.