Cara Mencangkok Tanaman dengan Mudah

Cara mencangkok tanaman dengan mudah – Perkembangbiakan makhluk hidup dapat berlangsung secara generatif dan vegetatif. Permbiakan vegetatif berlangsung secara alami namun ada pula dengan cara buatan. Pada tumbuhan, perkembangbiakan vegetatif buatan sudah pasti tanpa melibatkan sel kelamin jantan maupun betina.

Banyak cara pembiakan vegetatif pada tumbuhan. Mencangkok termasuk pembiakan vegetatif buatan. Dapat dilakukan terhadap tanaman dengan batang berkayu. Misalnyai; jeruk nipis, sawo, mangga, bunga mawar, kemuning dan banyak lagi tanaman lainnya.

Mencangkok tanaman tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Bagi siswa, kegiatan pencangkokan tumbuhan menjadi pembelajaran praktik pada mata pelajaran muatan lokan dan IPA. Tentu saja kegiatan mencangkok juga dapat dilakukan di rumah dalam mengembangbiakan tanaman tertentu.

cara,mencangkok,tanaman

Lalu, bagaimana cara mencangkok tanaman dengan mudah? Ikuti uraian berikut ini.

1. Tentukan tanaman yang akan dicangkok, pilih cabang tanaman dengan posisi tegak pada tnaman, subur dan banyak bunganya.

2. Kupas kulit cabang sekitar 3 – 5 cm atau disayat selebar 2 – 3 kali diameter cabang sampai terlihat lendir (kambium). Kerok lendir dan bersihkan dengan kain lap.

3. Pasang plastik, sabut kelapa atau ijuk, kemudian lekap dengan tanah subur dan gembur. Kalau bisa dicampur dengan pupuk kandang.

4.Ikat dengan tali rafia pada kedua ujung sayatan, kemudian bagian tengah dengan mengikat tidak terlalu kuat. Hal ini menghindari terganggunya pertumbuhan akar pada media cangkok.

Jika media cangkok dibungkus dengan plastik maka plastik itu harus diberi lubang-lubang kecil untuk memudahkan saat menyiramnya nanti. Musim hujan adalah waktu yang sangat baik untuk membuat cangkok. Namun pada musim lain cangkokan harus disiram.
Baca juga : Cara Mudah Mencangkok Jeruk nipis
Akar baru biasanya akan tumbuh sekitar 3-4 minggu. Bila kelihatan beberapa akar tersembul di celah-celah pembungkus, berarti cangkok sudah dapat dipotong pada bagian cangkokan ke arah batang utama. Hasil pencangkokan tanaman sudah dapat dipindahkan ke tanah tubur yang sudah disiapkan sebelumnya. (*Penulis : Difo Faizi Pratama)


0 Response to "Cara Mencangkok Tanaman dengan Mudah"

Posting Komentar